PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CSR, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

ENGGAR ERLANGGA (2009) PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CSR, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, DAN KEBIJAKAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (103kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (29kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)

Abstract

Penelitian mengenai pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan telah banyak dilakukan, namun hasil penelitian terdahulu menunjukkan hasil yang tidak konsisten. Beberapa peneliti menemukan bahwa kinerja keuangan yang diukur dengan return on assets (ROA) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, sementara beberapa peneliti lain justru menemukan bahwa kinerja keuangan yang diukur dengan ROA tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hal tersebut mendorong peneliti untuk memasukkan pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Good Corporate Governance (GCG), dan kebijakan dividen sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja keuangan terhadap nilai perusahaan dengan pengungkapan CSR, Good Corporate Governance, dan kebijakan dividen sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan 18 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta selama tahun 2004 – 2007 dengan total 72 pengamatan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan moderating regression analysis untuk mengetahui pengaruh interaksi masing-masing variabel pemoderasi. Dalam penelitian ini, nilai perusahaan diukur dengan Tobins’Q, pengungkapan CSR diukur dengan indeks pengungkapan CSR, GCG diukur dengan keberadaan komite audit, proporsi dewan komisaris independen, dan kepemilikan institusional. Sementara kebijakan dividen diukur dengan dividend pay-out ratio (DPR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kinerja keuangan berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, (2) pengungkapan CSR dapat memoderasi hubungan antara kinerja keuangan nilai perusahaan, (3) keberadaan komite audit, proporsi dewan komisaris independen, dan kepemilikan institusional dapat memoderasi hubungan antara kinerja keuangan nilai perusahaan, (4) kebijakan dividen dapat memoderasi hubungan antara kinerja keuangan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 12 Jul 2022 02:51
Last Modified: 12 Jul 2022 02:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11115

Actions (login required)

View Item
View Item