KOMUNIKASI ORGANISASI DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN

DIAN KUSUMADEWI (2009) KOMUNIKASI ORGANISASI DINAS PERIZINAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (240kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (119kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)

Abstract

Penelitian ini mengangkat pengelolaan komunikasi internal di Dinas Perizinan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan. Dengan rumusan masalah tentang bagaimana pengelolaan komunikasi internal dilakukan serta apa saja yang menjadi faktor pendukung serta penghambat dalam pengelolaan komunikasi yang dilakukan akan diulas dalam penelitian ini. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara Dinas Perizinan mengelola komunikasi di internalnya dan mengetahui apa saja yang menjadi faktor pendukung serta penghambat pengelolaan komunikasi yang mereka lakukan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah dengan studi kasus, dimana pertanyaan penelitiannya berkenaan dengan pertanyaan how atau why dan peneliti hanya memiliki sedikit peluang mengontrol peristiwa-peristiwa yang akan diselidiki dan fokus penelitiannya terletak pada fenomena masa kini di dalam konteks kehidupan nyata (K. Yin, 2008: 1). Hasil dari penelitian ini adalah pengelolaan komunikasi yang dilakukan di internal Dinas Perizinan, baik komunikasi kelompok dalam pelatihan, komunikasi dalam pertemuan-pertemuan intern Dinas Perizinan, serta komunikasi personal dalam pengarahan yang merupakan komunikasi internal dilakukan dalam upaya meningkatkan mutu pelayanan perizinan. Analisis yang dilakukan dari data yang di dapat menunjukkan bahwa komunikasi internal Dinas Perizinan memiliki andil yang signifikan terhadap upaya-upaya untuk peningkatan mutu pelayanan yang mereka lakukan. Dimana upaya-upaya yang mereka lakukan pada akhirnya merujuk pada konsep-konsep yang terdapat dalam Pelayanan Prima (Service Exelleance).

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2022 03:09
Last Modified: 11 Jul 2022 03:09
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11136

Actions (login required)

View Item
View Item