Yomanda Dea Damara (2020) STUDI KUALITATIF TENTANG SOCA (STUDENT ORAL CASE ANALYSIS) SEBAGAI INSTRUMEN PENILAIAN PADA MAHASISWA KEDOKTERAN GIGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (160kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (179kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Bab I.pdf
Download (185kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (175kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (79kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (36kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (111kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (842kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (249kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang: Pendidikan dan pembelajaran adalah dua istilah yang memiliki konteks berbeda dalam lingkup yang sama. Setiap metode pembelajaran yang telah dilaksanakan membutuhkan evaluasi yang digunakan sebagai tolok ukur keberhasilan suatu metode pembelajaran. Pembelarjaran tutorial dengan metode PBL (Problem Based Learning) dan CBL (Case Based Learning) dilakukan evaluasi berupa SOCA (Student Oral Case Analysis). SOCA merupakan salah satu ujian lisan yang mulai diterapkan pada mahasiswa tahun angkatan 2017 di Program Studi Kedokteran Gigi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan SOCA di PSKG UMY, manfaat SOCA serta dampak yang dirasakan akibat SOCA.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Interpretative Phenomenological Analysis (IPA). Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui wawancara secara online terhadap enam orang informan. Informan pada penelitian ini dipilih melalui teknik purposive sampling.
Hasil: penelitian ini menunjukan bahwa penguji berpengaruh pada objektivitas penilaian, skenario ujian SOCA sudah baik dan mudah dipahami, beberapa informan mengatakan waktu yang disediakan masih kurang. Manfaat SOCA diantaranya menambah kemampuan menganalisis kasus, SOCA bisa digunakan sebagai bahan evaluasi belajar, dan memacu keaktifan dalam belajar. SOCA memiliki dampak positif dan negatif. Dampak negatif yang dirasakan antara lain menimbulkan rasa takut dan fokus pada pelajaran lain berkurang.
Kata kunci: Evaluasi,SOCA,Ujian
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:44 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1119 |