Alnindya Nugrahani (2020) Strategi Kreatif Konten Instagram Wedang Uwuh Niteni dalam Membangun Brand Awareness di Tahun 2019. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (402kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (241kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Bab I.pdf
Download (556kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (168kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (623kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (46kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (114kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (276kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (125kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini menganalisis tentang strategi kreatif konten Instagram wedang uwuh Niteni dalam membangun brand awareness di tahun 2019. Niteni adalah produk minuman herbal tradisional, yang didirikan oleh Indra Triwahyudi pada bulan Februari 2019. Produk Niteni ini hadir dengan varian minuman tradisional khas Yogyakarta, yang salah satunya adalah minuman herbal wedang uwuh. Muncul sebagai produk baru diantara merek-merek wedang uwuh lain yang sudah lama beredar, wedang uwuh Niteni menyusun strategi kreatifnya dalam menentukan konten dan konsep penjualannya di Instagram. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara Niteni membuat strategi kreatif dalam membuat konten di Instagramnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif, dan pengumpulan data ini dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini secara keseluruhan menjelaskan bahwa strategi kreatif yang dilakukan oleh wedang uwuh Niteni ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu pemahaman masalah, pencarian ide dasar, pemilihan bahasa komunikasi, eksekusi kreatif, dan evaluasi.
Wedang uwuh Niteni ini menggunakan strategi kreatif berdasarkan keunikan konsep penjualan. Hal ini dibuktikan dengan adanya konten ilustrasi, meme, dan testimoni pada Instagramnya, yang belum pernah dilakukan oleh merek-merek wedang uwuh lainnya. Wedang uwuh Niteni sudah berhasil meningkatkan brand awareness para konsumen pada tahap brand recall. Konten-konten yang kreatif, edukatif, unik, dan berbeda inilah yang memudahkan konsumen maupun khalayak untuk mengingat dan membangun kepercayaan terhadap merek ini, apabila dibandingkan dengan merek wedang uwuh yang lainnya.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:51 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 07:03 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1139 |