Customer Relationship Management Aplikasi KAI Access PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung Tahun 2018

Azizah Immaniar Iqbal Azmi (2020) Customer Relationship Management Aplikasi KAI Access PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Kantor Pusat Bandung Tahun 2018. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (258kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (469kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Program Studi Ilmu Komunikasi
Konsentrasi Public Relation
Azizah Immaniar Iqbal Azmi
Customer Relationship Management Aplikasi KAI Access Tahun 2018
(Studi Deskriptif Kualitatif Pada Aplikasi KAI Access Tahun 2018)
Tahun Skripsi : 2020 + 154 Hal + 12 Gambar + 2 Tabel
Daftar Pustaka : 12 Buku + 16 Jurnal & Skripsi
PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan perusahaan jasa yang bergerak di bidang transportasi darat. Aplikasi KAI Access dibuat oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan pemesanan tiket kereta secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi Customer Relationship Management aplikasi KAI Access. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan data interview dan studi dokumentasi. Hasil penelitian mengatakan bahwa pada Customer Relationship Management aplikasi KAI Access yang dilakukan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero) menggunakan sistem teknologi 4.0 dalam sistem aplikasi yang efisien. Namun dalam penerapannya sistem layanan sering terjadi eror membuat aplikasi KAI Access tidak banyak digunakan oleh pelanggan.
Aplikasi KAI Access ini memiliki banyak fitur didalamnya yang berfokus pada kepentingan pelanggan kereta api dan tidak disajikan didalam aplikasi penjualan tiket online lainnya. Penggunaan proses aplikasi, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) menggunakan strategi customer relationship management untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan dalam menggunakan aplikasi KAI Access, khususnya persaingan teknologi yang mengintegrasikan proses-proses dan fungsi-fungsi internal dengan semua jaringan eksternal yang bekerjasama dengan perusahaan untuk menciptakan serta mewujudkan pelanggan yang loyal. Proses publikasi & sosialisasi Aplikasi KAI Access kepada pelanggan belum maksimal sehingga membuat pengguna aplikasi KAI Access sedikit dan memiliki rating jauh dibawah dengan kompetitornya. Pada kenyataannya perusahaan hanya membuat Aplikasi KAI Access untuk mengikuti perkembangan zaman bukan untuk bersaing dalam penjualan tiket kereta api online berbasis profit.
Kata kunci : Customer Relationship Management; Aplikasi KAI Access.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 13 Oct 2021 02:52
Last Modified: 28 Oct 2021 06:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1150

Actions (login required)

View Item
View Item