TANGGAPAN MAHASISWA KONSENTRASI ADVERTISING JURUSAN ILMU KOMUNIKASI DI DIY TERHADAP ELEMEN-ELEMEN ILM "KONSERVASI MINYAK TANAH KE ELPIJI" VERSI PENANGGULANGAN KEBOCORAN ELPIJI DI STASIUN TV SWASTA

GUNARTO BUDI HANDOYO (2011) TANGGAPAN MAHASISWA KONSENTRASI ADVERTISING JURUSAN ILMU KOMUNIKASI DI DIY TERHADAP ELEMEN-ELEMEN ILM "KONSERVASI MINYAK TANAH KE ELPIJI" VERSI PENANGGULANGAN KEBOCORAN ELPIJI DI STASIUN TV SWASTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (26kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)

Abstract

Naiknya harga minyak dunia memaksa pemerintah mengkonversi penggunaan minyak tanah yang dikonsumsi rumah tangga dengan elpiji. Hal ini dikarenakan elpiji selain harganya lebih terjangkau dan hemat, elpiji pun lebih ramah lingkungan dibandingkan bahan bakar lainnya. Kampanye program konversi ini dilakukan salah satunya dengan Iklan Layanan Masyarakat dalam konsep pemasaran sosial. Pemerintah, dalam hal ini Pertamina, melakukan kegiatan pemasaran sosial untuk menyampaikan pesan-pesan sosial kepada masyarakat dalam meningkatkan kesadaran dan perilaku mereka untuk ikut berpartisipasi menggunakan elpiji dalam rumah tangga.

Studi ini berusaha menjelaskan mengenai Bagaimana Tanggapan Mahasiswa Konsentrasi Advertising Jurusan Ilmu Komunikasi di DIY Terhadap Iklan Layanan Masyarakat “Konversi Minyak Tanah ke Elpiji” Versi Penanggulangan Kebocoran Elpiji di Stasiun TV Swasta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Tanggapan Mahasiswa Konsentrasi Advertising Jurusan Ilmu Komunikasi di DIY Terhadap Iklan Layanan Masyarakat “Konversi Minyak Tanah ke Elpiji” Versi Penanggulangan Kebocoran Elpiji di Stasiun TV Swasta. Kerangka teori menggunakan komunikasi massa Onong Uchjana yang menjelaskan bahwa komunikasi massa merupakan penyebaran pesan (informasi) dengan menggunakan media yang ditujukan kepada massa yang abstrak, yaitu sejumlah orang yang tidak tampak oleh penyampai pesan.

Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian survey dengan sifat penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif merupakan suatu penelitian yang analisisnya secara umum memakai analisis statistik. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling atau sampling acak dengan pengambilan sampel semua obyek atau elemen populasi mewakili kesempatan yang sama yaitu dipilih sebagai sampel dengan jumlah responden 499 mahasiswa.

Jadi kesimpulan dari penelitian ini, dapat diartikan bahwa mayoritas responden setuju terhadap pernyataan yang menggambarkan isi dan struktur pesan, dan dianggap menarik oleh responden. Sedangkan untuk memperkuat nilai pada tabel frekuensi di atas, nilai mean (rata-rata jawaban responden) masing-masing elemenelemen dalam kuesioner.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 08 Jul 2022 02:39
Last Modified: 08 Jul 2022 02:39
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11541

Actions (login required)

View Item
View Item