NUGROHO TRI YULIANTO (2012) STRATEGI KREATIF IKLAN RADIO KABEL KITANI VERSI INEM OLEH PETAKUMPET AGENCY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (111kB)
Bab I.pdf
Download (135kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (195kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (122kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (77kB)
Abstract
Sukses PT. SAE membranding kabel merek Kitani di tengah berbagai kabel bermerek dari luar negeri. Dengan kualitas kabel listrik berstandar SNI yang telah mendapatkan sertifikasi SPLN LMK dari PLN, PT SAE telah berhasil memperkuat brand image melalui iklan kreatifnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kreatif iklan Radio Kitani versi Inem. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara kepada tim kreatif iklan di biro iklan Petakumpet, pengamatan terhadap iklan, dan dokumentasi yaitu mempelajari dokumen tentang PT SAE, Petakumpet dan iklan versi Inem. Analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, verifikasi, analisis dan mendeskripsikan dalam bentuk laporan. Hasil penelitian memperlihatkan, pertama, proses kreatif berawal dari klien yang memberikan brief. Petakumpet diwakili oleh creative director dengan account manager menerjemahkan brief menjadi creative brief. Account manager Petakumpet dan pihak klien mendiskusikan strategi yang akan digunakan. Kedua, proses penentuan strategi kreatif di Petakumpet dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu brainstorming dan perumusan konsep iklan menjadi product brief. Proses kreatif yang dilakukan 1) riset kecil-kecilan, 2) menentukan unique selling point, 3) diskusi dengan klien guna menonjolkan daya tarik iklan, 4) pelaksanaan pembuatan kreatif iklan. Pembuatan iklan yang dilakukan yaitu 1) menggali informasi tentang audiens, tujuan iklan, dan tempat sasaran iklan, 2) menghubungkan poin-poin penting yang ditonjolkan, 3) menyusun jalannya cerita, 4) membuat script iklan. Ketiga, script iklan memperlihatkan bahwa pesan yang disampaikan lebih menonjolkan kupon hadiah langsung dari kabel Kitani. Keempat, konsep yang digunakan tim kreatif dalam merumuskan strategi kreatif iklan radio kabel Kitani ditekankan pada AIDCA (attention, interest, desire, conviction, action). Disimpulkan bahwa proses kreatif dimulai dari pihak biro iklan berdasarkan data dan keingingan PT SAE yang kemudian diterjemahkan secara kreatif oleh Petakumpet sebagai biro iklan. Proses kreatif dilakukan secara bertahap yaitu brainstorming, perumusan konsep iklan dan pembuatan iklan. Iklan lebih menonjolkan adanya kupon berhadiah dengan tetap menyampaikan kualitas produk sehingga menghasilkan attention, interest, desire, conviction, action.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | IKLAN KREATIF KABEL KITANI |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 02:51 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 02:51 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11613 |