KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL

SEPTIANA TRI RAHAYU (2010) KINERJA PELAYANAN PUBLIK PADA KANTOR KECAMATAN PANDAK KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)

Abstract

Pada organisasi pelayanan publik, informasi mengenai kinerja tentu sangat berguna untuk menilai seberapa jauh pelayanan yang diberikan oleh organisasi itu memenuhi harapan dan memuaskan pengguna jasa. Dengan melakukan penilaian terhadap kinerja maka upaya untuk memperbaiki kinerja bisa dilakukan secara lebih terarah dan sitematis. Informasi mengenai kinerja juga penting untuk menciptakan tekanan bagi para pejabat penyelenggara pelayanan untuk melakukan perubahan-perubahan dalam organisasi. Penelitian ini akan membahas kinerja pelayanan publik pada kantor Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul kususnya pelayanan kartu tanda penduduk karena berdasarkan penelitian awal masih ditemukan berbagai keluhan dari masyarakat tentang keluhan pelayanan KTP. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pelayanan KTP pada kantor Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun 2009. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara atau interview, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah aparat pelaksana pelayanan di Kecamatan Pandak dan masyarakat penerima pelayanan. Dalam menganalisa data menggunakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data yang dilakukan maka diperoleh hasil sebagai berikut: Kinerja Pelayanan KTP pada Kantor Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2009 adalah sebagai berikut: produktivitas pelayanan KTP pada kantor Kecamatan Pandak dalam kategori baik, responsivitas pelayanan KTP pada kantor Kecamatan Pandak dalam kategori baik, responsibilitas pelayanan KTP pada kantor Kecamatan Pandak dalam kategori baik, kualitas layanan KTP pada kantor Kecamatan Pandak dalam kategori baik, akuntabilitas pelayanan KTP pada kantor Kecamatan Pandak dalam kategori baik. Penempatan pengguna jasa oleh aparat dalam sistem pelayanan yang berlaku untuk mengurus pelayanan KTP di Kecamatan Pandak dalam kategori sedang oleh karena itu diperlukan upaya peningkatan agar masyarakat semakin puas terhadap pelayanan yang diberikan. Penilaian responden terhadap kinerja pelayanan KTP pada Kantor Kecamatan Pandak, Kabupaten Bantul, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2009 dikategorikan baik, hal ini didasarkan pada jumlah indeks total rata-rata mencapai 3,83, dimana jumlah indeks 3,83 termasuk dalam kategori baik yaitu antara indeks 3,43 – 4,23

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 11 Jul 2022 04:04
Last Modified: 11 Jul 2022 04:04
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/11865

Actions (login required)

View Item
View Item