Indira Rifqi Amalia (2020) EFEKTIVITAS HOME ASSIGNMENT MENJAHIT LUKA TEKNIK SIMPLE INTERRUPTED TERHADAP KECEPATAN MENJAHIT PADA MAHASISWA KEDOKTERAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (288kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (210kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Bab I.pdf
Download (222kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (270kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (108kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (130kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (34kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (97kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (608kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (188kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Latar Belakang : Kemampuan penjahitan luka pada kompetensi dokter umum di Indonesia adalah 4A, yang berarti kapabilitas seorang lulusan dokter adalah dapat mendiagnosis dan melakukan penatalaksanaan secara mandiri serta tuntas dalam penjahitan luka. Mengingat kemampuan yang harus dimiliki lulusan dokter inilah kemudian mahasiswa kedokteran diharapkan untuk senantiasa berlatih guna meningkatkan penguasaan kemampuan. Pemberian penugasan dapat menjadi sarana berlatih menjahit yang baik untuk mahasiswa. Dengan adanya penugasan, harapannya dapat meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mahasiswa dalam menjahit.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental untuk membuktikan efektif atau tidaknya pemberian penugasan di rumah dalam meningkatkan kecepatan menjahit pada mahasiswa kedokteran. Sampel yang diambil sejumlah 20 orang dari populasi dengan pembagian 10 orang pertama masuk dalam kelompok kontrol, yakni kelompok yang tidak diberi penugasan di rumah, dan 10 orang lainnya masuk dalam kelompok intervensi, yakni kelompok yang diberi penugasan di rumah. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik menjahit luka simple interrupted.
Hasil : Hasil penelitian pada kelompok kontrol memiliki nilai p=0,126 (p>0,05), sedangkan kelompok intervensi memiliki nilai p=0,001 (p<0,05). Analisis data menggunakan uji komparatif numerik berpasangan dengan menggunakan uji hipotesis Paired T Test. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa home assignment terbukti efektif dalam meningkatkan kecepatan menjahit pada mahasiswa kedokteran.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:49 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:00 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1201 |