Shiffa Noor Amalya (2020) Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot! Pada Perkuliahan Tunggal Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fkik Umy. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (434kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (118kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (50kB)
Bab I.pdf
Download (171kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (291kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (78kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (190kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (499kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (645kB)
Abstract
Latar Belakang: Kuliah konvensional yang dianggap sebagai metode biasa dalam
proses pendekatan dalam mengajar kelompok besar mahasiswa (large group).
Metode tersebut menjadi tantangan untuk pengajar dan mahasiswa kerena
dianggap meningkatkan proses pembelajaran pasif dan gagal memotivasi
mahasiswa. Model pembelajaran beragam akan menjadi sebuah fasilitas
mahasiswa dalam mencari informasi, ide dan keterampilan dan bagaimana cara
mengekspresikannya sekaligus berfungsi sebagai acuan perencanaan aktivitas
belajar mengajar bagi para perancang pembelajaran. Salah satu metode yang akan
dibahas adalah pemanfaatan aplikasi Kahoot! dalam menerapkan pembelajaran
active learning dalam proses perkuliahan tunggal.
Metode : Jenis penelitian quasi experimental pre-post test tanpa control dengan
subjek penelitian berjumlah 570 yaitu terdiri atas empat angkatan mahasiswa,
dengan masa belajar yang berbeda. Data dianalisis dengan uji paired samples ttest untuk menguji hubungan penggunaan aplikasi Kahoot! dengan hasil prestasi
belajar, dan uji kruskall-walis untuk menguji hubungan masa belajar dengan hasil
prestasi belajar.
Hasil : Terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Kahoot! hasil belajar dengan
dengan signifikansi 0,00 dari total nilai pre-post-test sebanyak 570 data.
Kemudian hasil dari analisis uji kruskall-walis mengenai hubungan lama masa
belajar dengan hasil prestasi belajar didapatkan nilai rerata tertinggi pada
angkatan 2018 dengan nilai rerata 63,59 dan nilai rerata nilai pre-post test
terendah pada angkatan 2016 dengan nilai sebesar 47,64 dan dari hasil tersebut
didapatkan signifikasi sebesar 0,00.
Kesimpulan : Penerapan aplikasi Kahoot! dalam proses perkuliahan tunggal kelas
besar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil prestasi belajar mahasiswa, dan
Masa belajar memiliki pengaruh terhadap hasil prestasi belajar mahasiswa
Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Sep 2021 08:17 |
Last Modified: | 13 Sep 2021 08:17 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1211 |