PENGARUH ALIRAN KAS BEBAS DAN KEPUTUSAN PENDANAAN TERHADAP NILAI PEMEGANG SAHAM DENGAN SET KESEMPATAN INVESTASI DAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI

METHA ARIESKA (2011) PENGARUH ALIRAN KAS BEBAS DAN KEPUTUSAN PENDANAAN TERHADAP NILAI PEMEGANG SAHAM DENGAN SET KESEMPATAN INVESTASI DAN DIVIDEN SEBAGAI VARIABEL MODERASI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (185kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (37kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh Aliran kas bebas dan keputusan pendanaan terhadap nilai pemegang saham dengan set kesempatan investasi dan dividen sebagai variabel moderasi. Sampel pada penelitian ini yaitu 23 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dari tahun 2005-2009. Sebanyak 115 perusahaan diambil sebagai sampel berdasarkan metode sampling purposif (purposive sampling method). Teknik analisis yang digunakan adalah moderated regression analysis (MRA) dengan menggunakan program SPSS 15. Penelitian ini menggunakan variabel dependen Nilai pemegang saham, sedangkan variabel independennya adalah Aliran kas bebas dan keputusan pendanaan serta variabel moderasi adalah Set kesempatan investasi dan dividen.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengujian secara serentak (Uji F), variabel Aliran kas bebas, keputusan pendanaan, set kesempatan investasi, dividen, moderasi aliran kas bebas dengan set kesempatan investasi, moderasi aliran kas bebas dengan dividen, moderasi keputusan pendanaan dengan set kesempatan investasi, moderasi keputusan pendanaan dengan dividen dan ukuran perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap nilai pemegang saham. Pada pengujian secara parsial (Uji T), variabel moderasi aliran kas bebas dengan set kesempatan investasi, moderasi aliran kas bebas dengan dividen, moderasi keputusan pendanaan dengan set kesempatan investasi menunjukkan hasil positif signifikan, tetapi variabel keputusan pendanaan dan moderasi keputusan pendanaan dengan dividen tidak menunjukkan hasil yang signifikan.

Kata Kunci: aliran kas bebas, keputusan pendanaan, set kesempatan investasi, dividen dan nilai pemegang saham.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: ALIRAN KAS BEBAS, KEPUTUSAN PENDANAAN, SET KESEMPATAN INVESTASI, DIVIDEN DAN NILAI PEMEGANG SAHAM 510
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2022 06:41
Last Modified: 06 Jul 2022 06:41
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12130

Actions (login required)

View Item
View Item