HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG SPIRITUAL CARE TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL KEPADA KLIEN DI RUANG INTENSIVE CARE RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

ARIANI (2011) HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG SPIRITUAL CARE TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN SPIRITUAL KEPADA KLIEN DI RUANG INTENSIVE CARE RS PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (55kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)

Abstract

Klien yang mengalami kondisi kritis di ruang Intensive Care Unit (ICU) dan di ruang Intermediate Care (IMC) klien harus mendapat perawatan secara menyeluruh mencakup unsur; bio, psiko, sosio dan spiritual. Perawat memiliki tanggung jawab dalam memberikan asuhan keperawatan dalam pemenuhan kebutuhan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan perawat di ruang Intensive Care tentang Spiritual Care terhadap Pemenuhan Kebutuhan Spiritual pada Klien di Ruang Intensive Care Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian non-eksperimental dengan rancangan cross sectional dan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat di ruang Intensive Care Unit (ICU) dan di ruang Intermediate Care (IMC) Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan total sampling sebanyak 26 perawat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan perawat di ruang Intensive Care tentang spiritual care Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Yogyakarta berdasarkan instrumen kuesioner pada perawat, yang terdiri dari dengan persentase 61,5 % (tinggi) dan persentase 38,5% (sedang). Sedangkan pemenuhan kebutuhan spiritual pada klien di ruang Intensive Care Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Yogyakarta adalah cukup, yang terdiri dari dengan persentase 57,7% (cukup) dan persentase 42,3% (kurang). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang bermakna antara tingkat pengetahuan perawat tentang spiritual care terhadap pemenuhan kebutuhan spiritual pada Klien di ruang Intensive Care Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT - SPIRITUAL - INTENSIVE CARE UNIT (ICU) INTERMEDIATE CARE (IMC)
Divisions: Fakultas Kedokteran > Keperawatan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:18
Last Modified: 07 Jul 2022 03:18
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12272

Actions (login required)

View Item
View Item