Mahatir Muhammad SB (2020) MARKETING POLITIK PARTAI DEMOKRAT PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2019 DI KABUPATEN ACEH SELATAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (968kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (216kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (7kB)
Bab I.pdf
Download (683kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (204kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (792kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (15kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (289kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (60kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (604kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Dinamika perpolitikan di Aceh memang sangat berbeda dengan dinamika di daerah lain. Tidak mudah bagi sebuah partai nasional untuk berkembang dan mendapatkan suara ketika mengikuti pemilu di Aceh termasuk Aceh Selatan. Dominasi dan eksistensi Partai Lokal di Aceh memang sangat diperhitungkan. Dibutuhkan strategi yang matang bagi partai nasional untuk meraup suara dan mendapatkan kepercayaan masyarakat Aceh, termasuk Partai Demokrat.
Partai Demokrat di Aceh menjadi partai dengan perolehan suara tertinggi jika dibandingkan dengan partai nasional yang lain di Aceh. Tidak hanya di tingkat provinsi, perolehan suara Partai Demokrat juga mendapatkan perolehan suara yang tinggi di Kabupaten Aceh Selatan. Keberhasilan Partai Demokrat di Aceh Selatan tentu nya bukan hanya keberuntungan semata. Karena keberhasilan Partai Demokrat di Aceh Selatan tentunya merupakan keberhasilan strategi dalam meraup suara atau cara partai dalam mendapatkan simpati dan kepercayaan masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan sumber data primer dan sekunder. Data primer dalam penelitian ini ialah hasil dari wawancara ketua, sekretaris, bendahara dari DPC Partai Demokrat dan empat anggota DPRK fraksi Partai Demokrat Aceh Selatan. Untuk data sekunder dalam penelitian iallah hasil dari buku, jurnal, berita. Kemudian data yang telah ditemukan kemudian direduksi, disajikan secara sistematis dan rasional untuk dapat memberikan jawaban dan kesimpulan terhadap penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa DPC Partai Demokrat Aceh Selatan melakukan strategi political marketing melalui aktifitas politiknya pada pemilu 2019 dengan memasarkan program dan kandidat sebagai produk (product). Menggunakan promosi atau kampanye secara langsung dan lewat media cetak (promotion). Selain itu, perhitungan dana dan citra kandidat juga dilakukan pada pemilu 2019 (price). Dan yang terkahir Partai Demokrat juga membuat strategi penyebaran diberbagai daerah di Aceh Selatan melalui simpatian, kader, dan caleg dari Partai Demokrat. (place).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:38 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:46 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1229 |