STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN WONOGIRI DALAM MENGKOMUNIKASIKAN GERAKAN REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN

RIZKY MAULI ARDY (2011) STRATEGI KOMUNIKASI DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN WONOGIRI DALAM MENGKOMUNIKASIKAN GERAKAN REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (150kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (82kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menganalisis strategi komunikasi yang digunakan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri dalam Mengkomunikasikan Gerakan Rehabilitasi Hutan dan Lahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta mengevaluasi startegi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melihat bagaimana sebuah perencanaan komunikasi itu dilakukan sebelum sebuah strategi komunikasi itu dibentuk dan dilancarkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana data yang ada diwujudkan dengan deskiptif kualitatif. Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan bagaimana strategi komunikasi yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri dalam mengkomunikasikan gerakan rehabilitasi hutan dan lahan. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara interview, dan dokumentasi. Untuk langkah-langkah yang digunakan dalam teknik analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, penarikan kesimpulan. Untuk validitas data menggunakan trianggulasi sumber data dan trianggulasi metode.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa strategi komunikasi yang dimiliki dan dilakukan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri dalam mengkomunikasikan gerakan rehabilitasi hutan dan lahan sudah berhasil namun belum maksimal. Dimana menurut masyarakat kelompok tani Desa Sumberjo Kecamatan Batuwarno Kabupaten Wonogiri materi penyuluhannya yang masih terlalu monoton dan kurang inovatif.

Kata Kunci : Strategi Komunikasi-Gerakan Rehabilitasi Hutan dan Lahan-Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Wonogiri

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: STRATEGI KOMUNIKASI-GERAKAN REHABILITASI HUTAN DAN LAHAN-DINAS KEHUTANAN DAN PERKEBUNAN KABUPATEN WO
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:40
Last Modified: 06 Jul 2022 03:40
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12303

Actions (login required)

View Item
View Item