Muhammad Farid Naufal (2020) MAJANEMEN BRANDING GEOTOURISM TAMAN TEBING BREKSI BERBASIS PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (244kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (91kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (38kB)
Bab I.pdf
Download (269kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (48kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (113kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (973kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (296kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Taman Tebing Breksi merupakan destinasi wisata yang mengusung konsep taman bumi (geopark). Taman Tebing Breksi pada mulanya merupakan lahan eksploitasi batuan yang kemudian dimanfaatkan masyarakat sekitar sebagai tempat menggantungkan hidup. Adanya eksploitasi sumber daya menyebabkan kerusakan alam yang tidak dapat terelakkan. Oleh karena itu, Dinas Pariwisata DIY memfokuskan untuk melakukan branding dari aktivitas penambangan Tebing Breksi menjadi lapangan kerja bagi masyarakat eks penambang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen promosi geotourism Taman Tebing Breksi yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan lokasi penelitian berada di Taman Tebing Breksi Gn. Sari, Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa pengelola melakukan branding melalui pembentukan branding community-based tourism yang mengedepankan aspek pemberdayaan masyarakat sekaligus penyelamatan lingkungan. Penyediaan amphitheater menjadi salah satu media promosi melalui pelaksanaan event yang dilakukan oleh pengelola Taman Tebing Breksi. Meskipun memiliki media sosial berupa Instagram dan Facebook, namun pengelola tidak memanfaatkan dengan maksimal karena minimnya sumber daya manusia. Dalam melakukan promosi, pengelola tidak memposisikan Taman Tebing Breksi sebagai destinasi wisata utama sehingga pengelola tidak mengimplementasikan Segmenting, Targeting dan Positioning yang ada dalam promosi. Nihilnya usaha promosi oleh pengelola Taman Tebing Breksi sehingga pengelola sepenuhnya mengandalkan word-of-mouth yang akibatnya pengunjung tidak mendapatkan nilai-nilai yang ingin dibagikan oleh pengelola.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:28 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:31 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1238 |