ANALISIS MATERI DAN METODE PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK MENANAMKAN AKHLAK ANAK DI KELOMPOK BERMAIN 'AISIYAH "AR-ROSYID" BALEHARJO WONOSARI GUNUNGKIDUL

WAHIDA ASRONI (2011) ANALISIS MATERI DAN METODE PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM UNTUK MENANAMKAN AKHLAK ANAK DI KELOMPOK BERMAIN 'AISIYAH "AR-ROSYID" BALEHARJO WONOSARI GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (136kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (86kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)

Abstract

Anak merupakan amanah dari Allah SWT yang harus kita jaga dan kita didik dengan baik. Allah SWT telah mentakdirkan bahwa anak lahir dalam keadaan bersih dan suci. Orang tua adalah guru pertama bagi anak-anak, namun anak-anak itu sendirilah pendidik terbaik bagi diri mereka. Sedangkan pendidikan yang dilakukan secara terorganisir, sebagai sarana bagi Anak Didik dalam meningkatkan kemampuan diri. Pendidikan bagi Anak Usia Dini adalah sangat penting dan merupakan keharusan mengingat potensi kecerdasan dan dasar-dasar perilaku seseorang terbentuk pada rentang usia ini. Sedemikian pentingnya masa ini sehingga usia dini sering disebut the golden age (usia emas).

Penelitian ini dilakukan di Kelompok Bermain’Aisiyah ”AR-ROSYID” Baleharjo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Materi Pendidikan Agama Islam yang disampaikan, Metode Pembelajaran yang digunakan serta dampaknya dalam menanamkan akhlak anak didik di KB. Kelompok Bermain Aisiyah ”ARROSYID” Baleharjo.

Penelitian Menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif yaitu Jenis Penelitian yang temuan-temuannya tidak diperolah melalui prosedur statistik atau bentuk hitungan lainnya. Peneliti berdasarakan pengalaman penelitiannya memberikan rincian yang lebih kompleks tentang fenomena yang ditemukan. Dalam Penelitian Peneliti mengumpulkan Data melalui Wawancara, Observasi dan Studi Kepustakaan/Studi Dokumentasi.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Materi moral dan agama Islam yang meliputi akidah, ibadah dan akhlak telah disusun dengan baik dan disampaikan oleh guru‐guru Kelompok Bermain Aisyiyah “AR‐ROSYID” sesuai target yang ditentukan. Dalam penyampaian Materi dimaksud diantaranya menggunakan metode yang menarik bagi anak usia dini yaitu metode bermain, bermain drama, bernyanyi, metode bercerita, serta metode gerak tangan dan kaki. Penggunaan Metode tersebut diterapkan melalui Sentra Imtaq, Program Special Day, dan Metode Pembelajaran dalam Kegiatan Harian. Berdasarkan hasil penyampaian daftar pertanyaan kepada orang tua murid, guru, dan pengelola menyatakan bahwa anak‐anak yang telah mengkuti kegiatan pembelajaran agama Islam di sekolah dengan baik serta telah mengenal sejak dini tentang akidah, ibadah dan akhlakul karimah sesuai tuntunan Agama Islam.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: AGAMA ISLAM, PEMBELAJARAN
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:11
Last Modified: 05 Jul 2022 03:11
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12390

Actions (login required)

View Item
View Item