STRATEGI DIPLOMASI PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN DI BIDANG PARIWISATA DENGAN TURKI

R AGUS LISTIYO PRABOWO MULYO (2012) STRATEGI DIPLOMASI PEMERINTAH INDONESIA DALAM MENINGKATKAN HUBUNGAN DI BIDANG PARIWISATA DENGAN TURKI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (138kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (88kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (221kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Latar Belakang masalah: Hubungan kerjasama antara Indonesia dan Turki dalam menjalankan diplomasi budaya merupakan sebuah koordinasi yang sangat penting dewasa ini. Pada kenyatannya keberadaan Republik Turki dalam konteks kekinian telah menjelaskan bahwa negara tersebut kini berdiri sebagai salah satu aktor Internasional yang cukup maju. Peningkatan pada sektor ekonomi, keberhasilan dalam bidang pariwisata, industrialisasi, tingginya kualitas pendidikan serta peran Turki dalam kancah internasional memberikan asumsi bahwa pemerintah Indonesia dituntut untuk berperan lebih aktif dalam mengimplementasikan strategi diplomasi budayanya. Upaya ini juga dituntut untuk dapat menerapkan media diplomasi tersebut secara konsisten, kredibel, dapat dipercaya dan nyata sebab perlu dipahami bahwa publik yang menjadi sasaran diplomasi budaya adalah beragam. Terkait dengan penggunaan diplomasi budaya dengan Turki permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana upaya strategi pemerintah Indonesia dalam menggunakan diplomasi budaya dengan Turki untuk meningkatkan pariwisata?

Metode Penelitian : Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kualitatif. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa Library Research dengan memanfaatkan data-data skunder yang pengumpulan datanya dari perpustakaan, buku-buku, jurnal, artikel, media cetak, media elektronik, dan website yang telah diolah menjadi data untuk diklasifikasikan yang kemudian disusun, diringkas, dianalisa dan simpulkan sesuai permasalahan skripsi yang diteliti.

Hasil Penelitian: Sebagai aktor diplomasi dalam hubungan kerjasama bilateral terhadap Turki, upaya strategi pemerintah Indonesia yang kemudian dilakukan dalam diplomasi budaya dapat memanfaatkan berbagai jenis media. Kekuatan implementasi soft power tersebut dapat diterjemahkan misalnya dengan melalui diplomasi kuliner, broadcasting (perfilman), seni – seni pertunjukan kesenian, pengadaan museum, pembuatan festival atau pameran serta berbagi bentuk aplikatif teknis lainnya. Kepentingan yang ingin dicapai melalui diplomasi budaya dengan Turki adalah adanya peningkatan sektor Pariwisata dan peningkatan Devisa karena sektor pariwisata adalah elemen pendukung yang dapat diperioritaskan untuk menghasilkan feed back dari diplomasi budaya yang bersifat lebih efektif. Sektor pariwisata merupakan bidang yang memiliki keterikatan paling dominan sepanjang hubungan diplomasi bilateral antara Republik Indonesia dan Republik Turki.

Kata Kunci : Strategi Diplomasi, Sektor Pariwisata

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Hubungan Internasional S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 02:29
Last Modified: 05 Jul 2022 02:29
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12457

Actions (login required)

View Item
View Item