TAKTIK KREATIF IKLAN TELEVISI COMMERCIAL DJARUM BLACK MENTHOL VERSI "SNOW BOARD" OLEH MACS909

AYU RACHMAWATI WIJAYA (2012) TAKTIK KREATIF IKLAN TELEVISI COMMERCIAL DJARUM BLACK MENTHOL VERSI "SNOW BOARD" OLEH MACS909. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (129kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (315kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (653kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)

Abstract

Periklanan merupakan suatu kegiatan yang banyak dilakukan oleh perusahaan. Iklan yang kreatif merupakan suatu bentuk iklan yang mudah diterima oleh konsumen, sederhana tapi cerdas, tepat sasaran dan efektif. Tujuan Djarum Black Menthol dalam membuat iklan versi snow board ini adalah untuk meningkatkan brand awareness (kesadaran merek) konsumen Djarum Black, karena launcing produk ini bersamaan dengan produk kompetitor yaitu Marlboro yang juga membawa nama Black pada produk terbarunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana taktik kreatif dari iklan Televisi Djarum Black 0HQWKRO YHUVL³snow board´ yang dikembangkan oleh MACS909. Taktik kreatif adalah bagaimana isi pesan dalam iklan dapat dikomunikasikan kepada khalayak sehingga khalayak dapat memahami isi pesan yang akan disampaikan dengan kreatif. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang mengungkapkan suatu masalah atau peristiwa sebagaimana adanya dan sekedar untuk mengungkapkan fakta (fact finding) sehingga hasilnya adalah ditekankan kepada penggambaran secara obyektif atau apa adanya tentang obyek yang diteliti. MACS909 mendapat kepercayaan dari Djarum Black untuk membuat iklan televisi Djarum Black 0HQWKRO YHUVL ³snow board´� $QDOLVD client brief melalui proses brainstorming untuk menemukan creative brief dan menentukan taktik kreatif yang tepat.Strategi kreatif iklan yang digunakan MACS909 dalam iklan ini adalah strategi USP dari produk Djarum Black Menthol yaitu rasa menthol yang strong yang di implementasikan kedalam iklan menjadi sebuah power (kekuatan). Taktik kreatif yang digunakan dalam iklan ini adalah penggunaan teknik visual dramatisasi yang dibangun sangat menarik dan rotoscope yaitu penggabungan antara gambaran nyata dan animasi. Sedangkan daya tarik periklanan yang digunakan adalah emotional bonding yaitu penggabungan antara daya tarik rasional dan daya tarik emosional dalam iklan.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:33
Last Modified: 04 Jul 2022 07:33
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12470

Actions (login required)

View Item
View Item