ANALISIS KINERJA PELAYANAN UMUM APARATUR DI KECAMATAN UMBULHARJO

ARIEF GUNA HARTOYO (2012) ANALISIS KINERJA PELAYANAN UMUM APARATUR DI KECAMATAN UMBULHARJO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (131kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (107kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (87kB)

Abstract

Masalah pelayanan publik tidak pernah terlepas dari birokrasi pemerintah sebagai pelaksana tugas memberi pelayanan kepada masyarakat , demikian juga dalam birokrasi pemerintah khususnya ditingkat kecamatan. Kecamatan Umbulharjo adalah salah satu Kecamatan di Kota Yogyakarta. Kecamatan Umbulharjo juga menyelenggarakan pelayanan ad dministrasi kependudukan agar terciptanya suatu sistem pengumpulan dan pengolahan data atau informasi kependudukan guna kepentingan di bidang pemerintahan dan pembangunan pada pelayanan masyarakat secara nasional. Selain itu juga agar terbentuk database kependudukan. Berdasarkan hal tersebut maka menarik untuk mengetahui kinerja pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Umbulharjo tahun 2012. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Tehnik - tehnik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi untuk melengkapi informasi, wawancara yakni memberikan pertanyaan secara langsung kepada responden dan kuesioner untuk mengetahui kinerja kan tor kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta tahuh 2012. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian deskriptif (kualitatif). Hasil penelitian kinerja Kantor Kecamatan Umbulharjo Kota Yogyakarta dalam pelayanan administrasi kependudukan diukur dengan metode skala indeks dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa Kantor Kecamatan Umbulharjo memiliki kinerja ”baik” yang ditunjukkan dengan skala indeks 4,07 dengan variabel keamanan (Security) dengan indek paling baik yaitu 4,88 dan variabel Akses (Access) terendah yaitu 3,45 yang berarti baik. Faktor yang mendukung kinerja Kantor Kecamatan Umbulharjo adalah adanya dukungan sumber daya baik dari segi kualitas dan kuantitas pegawai maupun dari fasilitas pendukung, adanya sarana komputerisasi adanya dana dari pemerintah Kota d alam menjalankan tugas dan fungsinya Saran dalam penelitian ini adalah Pelayanan administrasi kependudukan di Kecamatan Umbulharjo sudah baik tetapi perlu ditingkat lagi agar pencapaian tujuan kebijakan retribusi KTP dan KK lebih meningkat. Dalam hal ini pengembangkan iklim komunikasi dan meningkatkan gagasan inovatif dari pimpinan dengan cara memberi penghargaan bagi pegawai yang berprestasi dalam bidang kerjanya baik dalam bentuk pujian maupun insentif merupakan daya dorong yang luar biasa. Perlunya peningkatan sarana prasarana khususnya sarana komputer yang terus berkembang mengikuti perkembangan teknologi dan perlunya sistem antrian seperti di instansi perbankan sehingga dapat meningkatkan kepuasan masyarakat terkait pelayanan di Kantor Kecamatan Umbulharjo

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2022 05:22
Last Modified: 02 Jul 2022 05:22
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12495

Actions (login required)

View Item
View Item