PERAN MUSIC DIRECTOR RADIO JIZ FM (STUDI KASUS TENTANG PERAN MUSIC DIRECTOR DALAM MEMBUAT FORMAT MUSIK DI RADIO JIZ FM)

SANDRA RESTY EVITASARI (2013) PERAN MUSIC DIRECTOR RADIO JIZ FM (STUDI KASUS TENTANG PERAN MUSIC DIRECTOR DALAM MEMBUAT FORMAT MUSIK DI RADIO JIZ FM). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (605kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (128kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Jenis dari penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif dan jenis data kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Radio Jiz FM. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik untuk menganalisa data dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui peran music director; 2) mengetahui tugas-tugas music director mulai dari kemudahan dan kesulitannya; 3) untuk mengetahui program-program musik radio Jiz FM; 4) untuk mengetahui kendala-kendala music director dalam menangani format musiknya; 5) dapat melihat bagaimana usaha Radio Jiz memberikan program musik terbaik untuk pendengar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peran Music Director di Jiz FM yaitu 1) memilih lagu-lagu yang layak untuk ditampilkan; 2) menentukan musik untuk pembuatan iklan atau backsound iklan; 3) menentukan lagu untuk acara khusus; 4) melakukan pengarsipan, penyusunan, pencarian dan pemutaran lagu. Kemudahan yang dimiliki Jiz FM adalah Jiz FM telah memiliki hubungan yang baik dengan berbagai pihak, utamanya yang berkaitan dengan musik. Jiz FM melakukan kerjasama dengan beberapa pihak label, antara lain Universal Music, Sony Music, Trinity Optima Production, Seven Music, Mahar Records dan Warner Music. Kendalakendala Music Director dalam menangani format musiknya adalah Music Director dituntut untuk terus memutarkan musik-musik masa kini dan lagu-lagu paling lama yang diputarkan 10 tahun ke belakang yaitu kurang lebih tahun 2001, hal ini karena sesuai dengan format musik yang dimiliki radio Jiz FM yaitu Contemporary Hits Radio. Usaha yang dilakukan radio Jiz FM untuk memberikan program musik terbaik bagi pendengarnya adalah dengan menentukan format stasiun radio Jiz FM yang diawali dengan menentukan visi dan misi, penentuan segmentasi pendengar, serta penetapan format musik. Selanjutnya Music Director melakukan kerjasama dengan beberapa pihak label.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERAN MUSIC DIRECT
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 02 Jul 2022 05:12
Last Modified: 02 Jul 2022 05:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12532

Actions (login required)

View Item
View Item