STRATEGI PEMASARAN POLITIK PASANGAN HANAFI RAIS DAN TRI HARJUN DALAM DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2011

LINA JAYANTI (2012) STRATEGI PEMASARAN POLITIK PASANGAN HANAFI RAIS DAN TRI HARJUN DALAM DALAM PEMILIHAN UMUM KEPALA DAERAH KOTA YOGYAKARTA TAHUN 2011. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (106kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (170kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (829kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)

Abstract

Pilkada merupakan suatu proses perwujudan demokratisasi, pada UU No. 32 Tahun 2004 pasal 56 ayat 1 disebutkan EDKZD ³.HSDOD'DHUDK GDQ:DNLO.HSDOD Daerah dipilih dalam satu pasangan calon yang dilaksanakan secara demokratis berdasarkan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil´. Pilkada Kota Yogyakarta Tahun 2011 diikuti oleh tiga pasangan calon yaitu nomor urut satu pasangan Zuhrif Hudaya-Aulia Reza, nomor urut dua pasangan Hanafi Rais-Tri Harjun dan nomor urut tiga pasangan Haryadi Suyuti-Imam Priyono. Pasangan Hanafi Rais ± Tri Harjun memperoleh 84.122 suara. Dalam hal ini penulis ingin mengetahui bagaimana strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh pasangan Hanafi Rais ± Tri Harjun dan faktor-faktor apa yang mempengaruhi kekalahan pasangan Hanafi Rais ± Tri Harjun pada Pilkada Kota Yogyakarta Tahun 2011. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian (deskriptif) kualitatif. Adapun jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Mengingat partai pengusung pasangan Fitri adalah Partai Amanat Nasional maka unit analisa datanya adalah DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PAN (Partai Amanat Nasional) dan Koalisi KRJI (Koalisi Rakyat Jogja Istimewa) serta para pengurus maupun kader Partai Amanat Nasional dan Masyarakat Kota Yogyakarta selaku pemilih pada Pilkada Kota Yogyakarta tahun 2011. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh pasangan Fitri sudah cukup baik, hal tersebut dapat dilihat mulai dari tahap segmentating hingga penyampaian produk politik yang dilakukan oleh pasangan ini namun tentu saja belum pada tahap sempurna. Faktor yang cukup mempengaruhi kalahnya pasangan fitri antara lain adalah strategi pemasaran politik yang kurang efektif dimana pada pass marketing pasangan ini tidak mampu menarik dukungan dari keluarga kraton secara all out, citra partai politik pendukung yaitu Partai Demokrat yang selama ini cukup terang-terangan menolak Keistimewaan pada kenyataannya cukup mempengaruhi citra pasangan calon Fitri itu sendiri yang secara langsung ataupun tidak, hal tersebut cukup mempengaruhi pilihan pemilih mengingat tidak sedikit masyarakat Yogyakarta tetap memegang teguh Keistimewaan, hal tersebut terlihat pada perilaku pemilih dimana sebanyak 13 dari 30 responden memilih pasangan calon dengan sosialisasi dan peran serta keluarga kraton yang secara terang-terangan mendukung salah satu pasangan calon dan hal tersebut pada kenyataannya masih cukup mempengaruhi pilihan pemilih. Sehingga rekomendasi yang penulis berikan adalah ketika akan mengikuti suatu pemilihan, strategi pemasaran politik haruslah dilakukan secara ideal dan dapat lebih maksimal serta harus dapat memahami karakteristik pasar dalam artian perilaku pemilih secara lebih mendalam agar strategi pemasaran politik yang akan dilakukanpun dapat lebih baik dan lebih maksimal sehingga dapat meraih dukungan penuh dari masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:42
Last Modified: 05 Jul 2022 07:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/12669

Actions (login required)

View Item
View Item