Rima Hardianti (2020) KOEDUKASI: PERSPEKTIF AL-JAM’U BAINA MAS`ALAH AL-ŻUKRĀN WA AL-INĀṠ FĪ AL-MADĀRIS RASYID RIDHA DAN TEORI PSIKOSEKSUAL SIGMUND FREUD. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (366kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (288kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (162kB)
Bab I.pdf
Download (356kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (254kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (272kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (400kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (313kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (808kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Koedukasi yang diterapkan dalam praktik pendidikan masih menuai prokontra di kalangan tokoh pemikir pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui perbedaaan koedukasi perspektif Rasyid Ridha dalam kitab Majalah AlManar yang berjudul Al-Jam’u Baina Mas`alah al-Żukrān Wa al-Ināṡ Fī al-Madāris
dan teori Psikoseksual yang dikembangkan oleh Sigmund Freud.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan termasuk pada kategori
kepustakaan (library research) yakni sebuah penelitian yang fokus penelitiannya
menggunakan sumber data yang berasal dari literature tertulis. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analisis yaitu digunakan
untuk memaparkan biografi tokoh serta pemikiran masing-masing dari keduanya
secara umum. Kemudian memberikan penjelasan yang sistematis, objektif dan
reflektif atas analisis pemikiran keduanya; dan metode komprasi yang digunakan
untuk membandingkan antara pandangan Rasyid Ridha dan Sigmun Freud mengenai
Koedukasi, kemudian didapatkan persamaan dan perbedaan masing-masing
pandangan keduanya.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa menurut
Al-Jam’u Baina Mas`alah al-Żukrān Wa al-Ināṡ Fī al-Madāris Rasyid Ridha,
koedukasi merupakan praktik yang tidak baik dalam pendidikan Islam. Sedangkan
menurut teori Psikoseksual Sigmund Freud, koedukasi perlu diterapkan karena akan
menjadi stimulus perkembangan seksual anak. Terdapat empat belas aspek yang
membedakan yaitu, penerapan koedukasi; perbedaan laki-laki dan perempuan;
pembagian fase perkembangan seksual anak; masa usia pra sekolah; masa usia
sekolah dasar; masa usia sekolah menengah; masa usia sekolah tinggi; peran lawan
jenis; peran orang tua; peran teman sebaya lawan jenis; peran agama; peran sekolah;
peran lingkungan; dan pendidikan khusus perampuan. Adapun persamaan dari
keduanya tidak didapatkan secara signifikan, hal ini dikarenakan perbedaan mendasar
yang melatar belakangi dua tokoh tersebut.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:19 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 07:42 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1300 |