STRATEGI PROMOSI X-CODE FLIMS DALAM PROGTAM "TV WEB SERIES" MELALUI SOCIAL MEDIA NETWORKING

YULI HESTINA (2012) STRATEGI PROMOSI X-CODE FLIMS DALAM PROGTAM "TV WEB SERIES" MELALUI SOCIAL MEDIA NETWORKING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (114kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (162kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)

Abstract

X-Code merupakan rumah produksi yang berada di Yogyakarta dan salah satu rumah produksi yang sudah tidak lagi melakukan promosi bersifat konvensional, tetapi memanfaatkan proses promosi di dunia maya yaitu melalui tayangan Program TV Web Series. Program TV Web Series X-Code Films merupakan tayangan yang terbentuk dari ide pemikiran dan gagasan tim produksi kemudian dikemas dalam bentuk video series berdurasi 5 menitan dan terdiri dari beberapa episode, yang ditayangkan secara rutin setiap minggunya secara berkala melalui Youtube (media sosial), Facebook dan Twitter. Oleh karena itu, peneliti berusaha mendeskripsikan strategi promosi X-Code Films dalam program “TV Web Series” melalui social media networking, serta agar mengetahui fungsi strategi promosi yang dilakukan pihaknya. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini antara lain strategi promosi online, bauran promosi online, dan social media networking sebagai media promosi. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan data analisis secara kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di X-Code Films yang beralamatkan Jalan Griya Karanganyar Asri G.15 Brontokusuman/Mergangsan Yogyakarta. Dalam pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara kepada pemilik X-Code Films selaku Produser dan Founder perusahaan dan Creative Director selaku Sutradara dan Humas/ PR Online serta dilengkapi dengan dokumentasi yang mendukung penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi promosi dalam program “TV Web Series” telah dijalankan selama lima tahun dari saat 8 tahun X-Code berdiri, dengan mengangkat tema di setiap episodenya. Konsep dari video yang ditayangkan yaitu berbentuk hardsale dan softsale, di-ulpoad melalui Youtube dan di-share melalui Facebook dan Twitter dan menunjukkan adanya peningkatan jumlah penonton setiap tayangan serta bentuk kerjasama dari dunia industri video kepada X-Code Films.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Komunikasi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2022 01:53
Last Modified: 29 Jun 2022 01:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13331

Actions (login required)

View Item
View Item