Anindya Hayugraha Desi Wahyu Putri (2020) GAMBARAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI TERAPEUTIK MAHASISWA PROFESI DOKTER GIGI UMY PASCA PERAWATAN SCALING PASIEN ANAK DI RSGM UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (249kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (49kB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (224kB)
Bab I.pdf
Download (461kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (656kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (583kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (221kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (346kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (690kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (353kB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Kompetensi yang harus dikuasai oleh dokter adalah komunikasi yang efektif antara dokter dan pasien. Memecahkan masalah kesehatan pasien akan terbantu dengan kompetensi komunikasi. Komunikasi yang efektif dapat meningkatkan kepatuhan pasien dan mengurangi keraguan pasien. Komunikasi terapeutik melibatkan penggunaan strategi spesifik yang mendorong pasien untuk mengungkapkan perasaan dan gagasan dan yang menyampaikan penerimaan dan penghargaan. Sejak pendidikan sarjana (S1), mahasiswa profesi dokter gigi diajarkan pengetahuan yang berkaitan dengan keterampilan komunikasi terapeutik. Keterampilan komunikasi menjadi salah satu hal yang harus dikuasai sejak tahun pertama oleh Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan kemudian diterapkan pada mahasiswa untuk menangani pasien saat menjalani pendidikan profesional di RSGM UMY.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:08 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:52 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1335 |