HUBUNGAN ANTARA INFESTASI PARASIT USUS DENGAN STATUS GIZI BERDASARKAN PARAMETER ANTROPOMETRI PADA BALITA DI KECAMATAN GAMPING

RIZQI AFINA ULYA (2013) HUBUNGAN ANTARA INFESTASI PARASIT USUS DENGAN STATUS GIZI BERDASARKAN PARAMETER ANTROPOMETRI PADA BALITA DI KECAMATAN GAMPING. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (42kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)

Abstract

Balita merupakan kelompok usia yang rentan terhadap kesehatan. Kecukupan gizi pada masa balita sangat perlu untuk mencegah terserangnya penyakit, dan juga untuk perkembangan mental dan kecerdasannya. Berdasarkan penelitian sebelumnya ditemukan ditemukan prevalensi Ascaris lumbricoides 30,4%, Trichuris trichura 21,2% serta Ancylostoma duodenale dan Necator americanus 6,5%, sedangkan prevalensi pada anak-anak di tiga provinsi (Jakarta, Yogyakarta dan Sulawesi Utara) di Indonesia adalah 12,9% untuk Ascaris Lumbricoides, 19,8% untuk Tricuris trichiura dan 7,8% untuk Ancylostoma duodenale dan Necator americanus. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan infestasi parasit usus dengan status gizi terhadap parameter antropometri pada balita, prevalensi infestasi parasit usus pada balita dan hubungan antara status gizi balita dengan infestasi parasit usus di Puskesmas Gamping I dan II. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental, berbentuk survei deskriptif analitik dengan rancangan penelitian cross sectional, yaitu dengan pemeriksaan tinja dan pengukuran status gizi dengan parameter antropometri terhadap semua subjek penelitian. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai P rata-rata untuk protozoa usus terhadap status gizi balita berdasarkan antropometri dengan indeks BB/TB adalah P = 0,051, hal ini menerangkan bahwa hubungan antara infestasi protozoa usus dan status gizi berdasarkan parameter antropometri adalah hampir mendekati nilai signifikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: INFESTASI PARASIT USUS, STATUS GIZI, ANTROPOMETRI, CHI-SQUARE
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 30 Jun 2022 02:07
Last Modified: 30 Jun 2022 02:07
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13581

Actions (login required)

View Item
View Item