Wahid Setiawan (2020) KONSEP DAN NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM AJARAN KEBERSYUKURAN (KAJIAN TAFSIR TEMATIK TERHADAP Q.S. IBRAHIM (14): 7). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (476kB)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only
Download (83kB)
Bab I.pdf
Download (182kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (256kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (133kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (529kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (112kB)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only
Download (167kB)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only
Download (707kB)
Naskah Publikasi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk menemukan konsep pendidikan karakter yang terdapat dalam ajaran kebersyukuran Q.S. Ibrahim (14): 7. Kedua, untuk mengkaji nilai pendidikan karakter yang termuat dalam ajaran kebersyukuran Q.S. Ibrahim (14): 7.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan jenis data kualitatif. Sumber primer yang digunakan adalah kitab Tafs?r al-Qur?n al-A??m, Tafs?r al-Fakhri ar-R?zi, Tafs?r al-Maraghi, at-Tafs?r al-Mun?r, Tafs?r al-Kar?m ar-Ra?m?n f? Tafs?r Kal?m al-Mann?n, dan Tafs?r al-Azhar. Sedangkan sumber sekunder berupa buku-buku atau jurnal yang berhubungan dengan konsep dan nilai pendidikan karakter. Data dari sumber dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan metode tafsir tematik subjektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam ajaran kebersyukuran Q.S. Ibrahim (14): 7 terkandung konsep pendidikan karakter, yaitu targ?b (motivasi) sekaligus tarh?b (ancaman) yang menyatu dalam satu ayat, sehingga dengannya akan memunculkan kepribadian syukur (grateful personality) dalam diri seseorang. Selain itu, konsep tersebut juga dapat digunakan untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter pada diri manusia, yang menurut Kementerian Pendidikan Nasional ada 18 poin nilai pendidikan karakter yang harus ditanamkan pada setiap individu. Dalam ajaran kebersyukuran Q.S. Ibrahim (14): 7 juga terkandung sembilan nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu: amanah, qan?ah, kreatif, kerja keras, tawakal, optimis, peduli terhadap sesama/ prososial, tawaduk, dan istiqamah. Nilai-nilai tersebut akan senantiasa melekat pada seseorang yang menjadikan syukur sebagai kebiasaan (habit), dan dia akan mendapatkan kebahagian jasmani maupun rohani. Nilai-nilai pendidikan tersebut juga dapat dijadikan sebagai tolak ukur tingkat syukur seseorang atas nikmat Allah swt.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 03:24 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:40 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/137 |