SONI WAHYU HANAFI (2013) PERAN PENGAWAS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PPAI) DALAM MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PONJONG GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (482kB)
Bab I.pdf
Download (16kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (9kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (39kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (13kB)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only
Download (76kB)
Abstract
Penelitian ini mengungkapkan suatu permasalahan mengenai peran Pengawas Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ponjong dan juga faktor-faktor yang menjadi penghambat dan pendukung dalam peningkatan profesionalisme tersebut di atas. Adapun penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri, mengetahui peran yang dilakukan Pengawas Pendidikan Agama Islam, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam peran tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang akan disajikan secara deskriptif. Adapun yang dijadikan subyek penelitian adalah Pengawas Pendidikan Agama Islam dan guru-guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ponjong. Metode yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian di analisa secara deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dalam peran pengawas meningkatkan profesionalisme guru Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Ponjong, Pengawas Pendidikan Agama Islam melaksanakan hal-hal berikut : 1) Melaksanakan monitoring pembelajaran yaitu teknik kunjungan sekolah dan kunjungan kelas. 2) Melaksanakan pembinaan ekstrakurikuler bidang agama. 3) Pelaksanaan pembinaan melalui KKG. 4) Mengadakan workshop dan diklat peningkatan profesi guru. Adapun faktor penghambat dari peran Pengawas Pendidikan Agama Islam di Kecamatan Ponjong adalah masih kurangnya pemahaman guru mengenai tugas profesinya karena tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya. Dan sebagai faktor pendukungnya yaitu : 1) Adanya pertemuan KKG. 2) Adanya workshop dan diklat guru PAI. 3) Adanya sarana pendidikan agama Islam walaupun masih kurang. 4) Adanya peraturan-peraturan yang menunjang pelaksanaan pendidikan agama Islam di sekolah-sekolah.
Kata kunci : Pengawas, Pendidikan, Profesional Guru Agama
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENGAWAS, PENDIDIKAN, PROFESIONAL GURU AGAMA |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 07:05 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 07:05 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13701 |