NOOR SETYO NUGROHO (2013) EVALUASI PROGRAM PENANAMAN AKHLAK ISLAMI MELALUI METODE BERNYANYI DI TK ABA SIYONO IV WONOSARI. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.pdf
Download (292kB)
Bab I.pdf
Download (99kB)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only
Download (89kB)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only
Download (93kB)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only
Download (50kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana mengetahui pelaksanaan penanaman akhlak Islami melalui metode bernyanyi. Selain itu untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan penanaman akhlak Islami melalui metode bernyanyi bagi peserta didik di TK ABA Siyono IV Wonosari. Penelitian ini dilakukan di TK ABA Siyono IV dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pelaksanaan penanaman akhlak melalui metode bernyanyi di TK ABA Siyono IV didasarkan pada kurikulum di sekolah yang dipakai saat ini, yaitu pendidikan karakter pada peserta didik. Adapun penanaman akhlak Islami di sekolah yang ditanamkan seperti; sikap dan cara berbicara , sikap sopan dan santun, sikap menghormati kepada orang tua, sikap berpakaian, sikap makan dan minum. Selain program penanaman akhlak Islami dengan metode bernyanyi di TK ABA Siyono IV, metode lain yang digunakakan antara lain; metode bercerita, metode bermain, metode bersajak. Masing-masing metode memiliki kelebihan dan kekurangan, tetapi metode bernyanyi merupakan metode yang tepat diterapkan di TK ABA Siyono IV Wonosari dalam penanaman akhlak. Penggunaan metode bernyanyi untuk penanaman akhlak Islami yang dipilih tentunya disesuaikan dengan kondisi sekolah atau kemampuan seorang guru dalam menerapkanya. Hasil dari penanaman akhlak Islami pada peserta didik di TK ABA Siyono IV Wonosari dapat dijelaskan melalui berbagai cara penilaian, dalam penanaman akhlak Islami dari pencapaian indikator sesuai dengan yang diharapkan, yaitu baik dan bagus. Beberapa faktor penghambat dalam pelaksanaan penanaman akhlak Islami di TK ABA Siyono IV Wonosari adalah faktor orang tua yaitu inkonsistensi sikap orang tua dengan apa yang diajarkan di sekolah, faktor peserta didik berupa faktor genetis, salah memilih teman, faktor guru berupa kurangnya koordinasi dalam mengatasi anak, dan minimnya kompetensi pendidik dalam membimbing dan mendidik peserta didik baik faktor internal maupun external pendidik dan yang paling berpengaruh besar adalah faktor lingkungan tempat anak didik tinggal.
Kata Kunci: Penanaman, akhlak Islami
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PENANAMAN, AKHLAK ISLAMI |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 07:07 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 07:07 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13702 |