PERBEDAAN EKSTRAK BUAH DAN EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA LINN.) TERHADAP SEL PMN PADA PROSES PENYEMBUHAN LUKA GINGIVA

ROSITA METASARI (2013) PERBEDAAN EKSTRAK BUAH DAN EKSTRAK DAUN JAMBU BIJI (PSIDIUM GUAJAVA LINN.) TERHADAP SEL PMN PADA PROSES PENYEMBUHAN LUKA GINGIVA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (840kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (45kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Buah dan daun jambu biji mempunyai kandungan flavonoid, dimana flavonoid salah satunya berperan sebagai antiinflamasi. Inflamasi gingival dapat disebabkan oleh plak (misalnya gingivitis) dan non plak (misalnya luka traumatik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektifitas ekstrak buah dan daun jambu biji terhadap proses penyembuhan luka pada gingiva.

Desain penelitian ini adalah eksperimental laboratorium in vivo. Penelitian ini menggunakan subyek pada tikus putih (Rattus norvegicus) jantan galur wistar yang berjumlah 30 ekor. Tikus putih tersebut dibagi menjadi 3 kelompok yaitu kelompok I (kontrol negatif), kelompok II (diberi perlakuan dengan ekstrak buah jambu biji) dan kelompok III (diberi perlakuan dengan ekstrak daun jambu biji). Masing- masing kelompok berjumlah 10 ekor tikus putih, yang diinduksi dengan jarum spuit dan H2O2 selama 3x10 menit dalam 5 hari kemudian diberi perlakuan sesuai kelompok selama 3x5 menit dalam 4 hari.

Analisa dari hasil data yang diperoleh menggunakan Kruskal-Walis dan Mann-Whitney. Hasil perhitungan dari uji Kruskal-Walis yaitu 0, 229 (p>0,05) dan hasil perhitungan dari Mann-Whitney yaitu 0,139 (p>0,05) sehingga penelitian ini tidak ada perbedaan yang efektif pada ekstrak buah dan daun jambu biji terhadap proses penyembuhan luka pada gingiva

Kata kunci : inflamasi gingiva, PMN, jambu biji

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: INFLAMASI GINGIVA, PMN, JAMBU BIJI
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2022 06:43
Last Modified: 25 Jun 2022 06:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13718

Actions (login required)

View Item
View Item