PENGARUH NAHDATUL WATHAN (NW) TERHADAP KEMENANGAN TUAN GURU BAJANG DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2008

YULIA CANDRI RAHAYU (2013) PENGARUH NAHDATUL WATHAN (NW) TERHADAP KEMENANGAN TUAN GURU BAJANG DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2008. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (145kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (123kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)

Abstract

Nahdatul Wathan (NW) adalah organisasi keagamaan terbesar di lombok, yang berpusat di Kabupaten Lombok Timur. NW di bangun oleh TGH. Zainuddin Abdul Majid, organisasi ini bergerak dibidang pendidikan, sosial dan dakwah. pada tahun 1998 pendiri NW meninggal dan terjadi konflik di antara kedua anak pendiri, oleh karena itu NW terpecah menjadi dua kubu yaitu kubu Anjani dan kubu Pancor. pada tahun 2008 adalah awal dari kejayaan NW pancor karena pemimpin NW yaitu Muhammad Zainul Majdi MA (TGB) terpilih sebagai guberbur Nusa Tenggara Barat. TGB adalah cucu pendiri NW, yang skaligus sebagai pemimpin NW sekarang ini.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan wawancara langsung dengan pihak-pihak terkait dari NW dan masyarakat Kabupaten Lombok Timur dan dengan metode dokumentasi yaitu informasi didapatkan dari buku, literatur atau catatan yang dimiliki oleh Nahdatul Wathan.

Kemenangan TGB menjadi sejarah baru bagi NW dan NTB karena pemilukada langsung ini untuk pertama kalinya dilakukan, dan bagi NW hal ini adalah sejarah dan pembuktian bahwa NW sudah mengakar di kalangan masyarakat Lombok. Jumlah jamaah NW di Kabupaten Lombok Timur hampir 85% dan berpusat di Pancor yang merupakan tempat pertama kalinya di dirikannya NW. Kemenangan TGB ini tidak terlepas dari peran serta dan pengaruh NW kepada masyarakat untuk memilih dan mendukung TGB menjadi kepala daerah NTB. Pengaruh NW pada terpilihnya gubernur, yaitu TGB adalah keturunan pendiri NW, keturunan TGH. Zainuddin Abdul Majid mendapat tempat khusus di hati masyarakat dan faktor kefanatikan yang dimiliki oleh jamaah NW, jamaah NW sangat menghormati dan menghargai keluarga NW. Kemenagan TGB ini juga tidak terlepas dari faktor-faktor pendukung lain seperti faktor pribadi yang dimiliki oleh TGB.

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Politik > Ilmu Pemerintahan S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2022 06:46
Last Modified: 25 Jun 2022 06:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13719

Actions (login required)

View Item
View Item