GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENCABUTAN GIGI OLEH DOKTER GIGI MUDA FI RSGMP UMY

MUHAMMAD FEBRIAN ISROFI (2013) GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PENCABUTAN GIGI OLEH DOKTER GIGI MUDA FI RSGMP UMY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (199kB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf

Download (919kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (54kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kebijakan nasional bertujuan memberi kepuasan kepada profesional dan pegawai rumah sakit tanpa melupakan bahwa kepuasan pasien selalu yang utama. Kepuasan pelanggan terbentuk dari penilaian pelanggan terhadap mutu dan pertimbangan biaya yang dikeluarkan dengan manfaat yang diperoleh dari pelayanan yang diterima. Berdasarkan data sekunder dari Departemen Kesehatan RI diketahui bahwa pada tahun 2010 pelayanan kesehatan gigi dan mulut masyarakat yang banyak dilakukan di RSUD seluruh provinsi di Indonesia adalah pencabutan gigi dengan jumlah 124.703 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan pencabutan. Penelitian dilakukan di RSGMP UMY dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah metode non-probability sampling dengan jenis consecutive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Dental Satisfaction Questionnaire dari Davies dan Ware. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas diketahui bahwa 18 pertanyaan kuesioner dinyatakan valid dan sahih sebagai instrumen penelitian. Penelitian dilakukan pada bulan Oktober 2012 – Januari 2013 dengan populasi yaitu pasien pencabutan gigi RSGMP UMY. Besar sampel yang digunakan sebesar 100 responden. Kriteria inklusi pengambilan sampel adalah pasien yang dibawa dokter gigi muda RSGMP, usia 16-40 tahun, tingkat pendidikan akhir minimal sekolah dasar, dan pasien yang bersedia menjadi responden penelitian. Penelitian dilakukan dengan cara membagikan kuesioner penelitian kepada sampel yang sesuai dengan kriteria inklusi penelitian. Data yang didapat kemudian dilakukan tabulasi dan analisis statistik menggunakan SPSS for Windows 15.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa pasien merasa sangat puas terhadap kualitas pelayanan pencabutan dengan prosentase sebesar 79,35%. Dimensi kualitas pelayanan diurutkan dari yang paling memuaskan adalah tangible, empathy, assurance, reliability, dan responsiveness.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tooth extraction, quality services, level of satisfy
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:54
Last Modified: 30 Jan 2024 02:01
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13740

Actions (login required)

View Item
View Item