PENGARUH VARIASI PERBANDINGAN ALKALI AKTIVATOR TERHADAP KUAT TEKAN BETON GEOPOLIMER DENGAN BAHAN DASAR LIMBAH KARBIT

FANDI ISTIADI (2013) PENGARUH VARIASI PERBANDINGAN ALKALI AKTIVATOR TERHADAP KUAT TEKAN BETON GEOPOLIMER DENGAN BAHAN DASAR LIMBAH KARBIT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (35kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)

Abstract

Pada umumnya beton dikenal sebagai material yang tersusun dari komposisi utama batuan (agregat), air, dan semen portland. Namun akhirakhir ini beton tersebut makin sering mendapatkan kritik, karena emisi gas rumah kaca (karbon dioksida) yang dihasilkan pada proses produksi semen. Dengan pertimbangan tersebut dikembangkan bahan pengikat beton baru yang biasa disebut sebagai geopolimer. Bahan dasar utama yang diperlukan untuk pembuatan material geopolymer ini adalah bahan-bahan yang banyak mengandung unsur-unsur silikon dan alumunium. Bahan tersebut tidak dapat mengikat jadi perlu ditambah air dan bahan kimia lain yang dapat mengikat yaitu natrium hidroksida dan dan sodium silikat. Oksida silika pada bahan tersebut akan bereaksi secara kimia dan menghasilkan ikatan polimer yang kuat.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh variasi perbandingan alkali aktivator terhadap kuat tekan beton geopolimer. Menentukan nilai optimum yang terjadi pada variasi perbandingan alkali aktivator. Membandingkan kuat tekan beton geopolimer dengan beton normal pada umur 7 hari.

Dalam penelitian ini menggunakan variasi alkali aktivator 26% :74%, 28% : 72%, 30% :70%, 32% : 68%, 34% :66% selama 24 jam. Benda uji yang digunakan adalah berbentuk silinder dengan diameter 75 mm dan tinngi 150 mm sebanyak 15 sampel dengan masing-masing variasi sebanyak 3 sampel. Uji kuat tekan beton dilakukan pada umur 7 hari.

Hasil penelitian menunjukan bahwa variasi alkali aktvator sangat berpengaruh dalam kuat tekan beton geopolimer.. Nilai optimum untuk mencapai kuat tekan beton terjadi pada variasi 27% : 73% dengan kuat tekan 6,6413 MPa. Beton geopolimer menggunakan bahan dasar limbah karbit menghasilkan kuat tekan yang lebih rendah dengan kuat tekan 6,6413 Mpa dibandingkan kuat tekan beton normal yang menghasilkan kuat tekan sebesar 21 MPa yang direncanakan pada umur 7 hari.

Kata Kunci : geopolimer, limbah karbit, alkali aktivator.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: GEOPOLIMER, LIMBAH KARBIT, ALKALI AKTIVATOR
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 25 Jun 2022 05:51
Last Modified: 25 Jun 2022 05:51
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13759

Actions (login required)

View Item
View Item