Citra Maylani Hasibuan (2020) STRATEGI BIMBINGAN KONSELING ISLAM DALAM MENANGANI MASALAH PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK BARU DI MTs PONDOK PESANTREN NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf Download (818kB) |
![]() |
Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (193kB) |
![]() |
Text (Abstrak)
Abstrak.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.pdf Download (183kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (338kB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (691kB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (166kB) |
![]() |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) |
![]() |
Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
Text (Full Text)
Full Text.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK
Memasuki tahapan sekolah menengah pertama menjadi titik awal terbentuknya jati diri individu. Pada masa inilah banyak terjadi permasalahan-permasalahan dalam menyesuaikan diri dengan keadaan dan kondisi yang baru pun berbeda dari kondisi sebelumnya, apalagi kehidupan di lingkungan pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk-bentuk permasalahan penyesuaian diri peserta didik baru, strategi bimbingan konseling Islam dalam menangani permasalahan penyesuaian diri peserta didik baru dan faktor pendukung serta penghambat dalam menangani permasalahan penyesuaian diri peserta didik baru di MTs Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk-bentuk masalah penyesuaian diri peserta didik baru ada 4 macam, Penyesuaian diri dengan lingkungan, Penyesuaian diri dengan pengaturan waktu, penyesuaian diri dengan proses belajar dan Penyesuaian diri dengan norma sosial. Adapun strategi yang digunakan dalam menanganinya adalah Konseling individual, Kolaborasi dengan Wali Kelas dan pembimbing asrama, Kolaborasi dengan orang tua dan pihak yang terkait, Referal ke Psikolog atau alih tangan. Faktor pendukung nya adalah santri berada dalam pengawasan selama 24 jam karena diharuskan mondok sedangkan faktor penghambatnya adalah kekurangan SDM dan orang tua yang kadang kurang kooperatif.
Kata kunci: strategi, bimbingan konseling Islam, penyesuaian diri
Dosen Pembimbing: | Dr. SITI BAHIROH, M.Si | NIDN506096401 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > S1 Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 02:00 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 02:59 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/1380 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |