EFEKTIVITAS PENERAPAN BERWUDHU DAN ANTISEPTIK ALKOHOL 70% DALAM MENURUNKAN ANGKA KUMAN PADA TELAPAK TANGAN PERAWAT RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH YOGYAKARTA

ALVINTARI AMALIA SAFITRI (2013) EFEKTIVITAS PENERAPAN BERWUDHU DAN ANTISEPTIK ALKOHOL 70% DALAM MENURUNKAN ANGKA KUMAN PADA TELAPAK TANGAN PERAWAT RUMAH SAKIT NUR HIDAYAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (923kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)

Abstract

Infeksi nosokomial merupakan penyebab utama kematian dan meningkatnya morbiditas pasien yang dirawat di rumah sakitinfeksi tersebut tidak hanya ditemulcan di Indonesia akan tetapi dapat ditemulcan diselunth dunia dan mempengaruhi baik negara maju, negara berkembang maupun negara miskin.Semua rumah sakit di Yogyakana tahun 1999 menunjukkan bahwa angka kejadian infeksi nosokomial berkisar antara 0,0% hingga 12,06%, dengan rata-rata keseluruhan 4,26%. Rerata lama perawatan berkisar antara 4,3-11,2 hari, sehingga didapatkan rata-rata perawatan keseluruhan 6,7 hari. Penelitian ini benujuan untuk menjelaskan tingkat efektivitas penerapan benvudhu dan antiseptik alkohol 70% dalam menurunkan angka kuman pada telapak tangan perawat Rumah Sakit Nur IIidayah Yogyakana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik kuasi eksperimental dengan rancangan pretest-postest group non controt untuk membandingkan parameter kuman Staphylococcus sp dan Streptococcus sp sebelum dan sesudah berwudhu dan pemberian antiseptik alkohol 70°4 pada telapak tangan. Terjadinya penunman jumlah angka kuman ditunjukkan dengan cara menghitung jumlah angka kuman yang telah diusap dari telapak tangan perawat pada media TSA yang telah dikultur masing-masing sebelum dan sesudah berwudhu dan pemberian antiseptik alkohol 70%. lIasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi penurunan jumlah angka kuman Staphylococcus sp dan Streptococcus sp pada telapak tangan perawat dengan nilai masing-masing p-0,000 (p<0,05) dan p-0,001 (p<0,05) dan disimpulkan bahwa tenadi penurunan angka kuman yang bennalum sebelum dan sesudah penerapan benvudhu dan pemberian antiseptik alkohol 70% sesuai dengan tataeara yang benar. lIal ini berarti berwudhu dan pemberian antiseptik alkohol 70% efektif dalam menurunIcan angka kuman pada telapak tangan perawat.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: INFEKSI NOSOKOMIAL, WUDHU, ANTISEPTIK ALKOHOL 70% ANGKA KUMAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:56
Last Modified: 24 Jun 2022 03:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13829

Actions (login required)

View Item
View Item