PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERIAGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITANS

ALIN ANGGRAINI PUSPITASARI (2013) PENGARUH KONSENTRASI EKSTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERIAGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITANS. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (216kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (50kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)

Abstract

Buah Pare (Momordica Charantia L) merupakan salah satu pengobatan alternatif yang mengandung antibakteri. Buah Pare diduga memiliki kandungan zat senyawa aktif flavonoid, polifenol, saponin, tannin, alkaloid yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri dan juga menghancurkan permeabilitas dinding sel bakteri sebagai hasil interaksi antara flavanoid dengan DNA bakteri. Aggregatibacter Actinomycetemcomitans merupakan bakteri yang berperan penting menyebabkan periodontitis agresif, mikroorganisme tersebut paling dominan pada plak subgingiva. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan konsentrasi ekstrak buah Pare (Momordica Charantia L) terhadap zona radikal pertumbuhan Aggregatibacter Actinomycetemcomitans. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimental laboratorium secara in vitro. Penelitian dilakukan dengan metode difusi sumuran. Kultur murni dari isolate Aggregatibacter Actinomycetemcomitans dibuat menjadi suspensi (108 CFU/ml) menyebar di media Tryptone Soya Agar (TSA) dan dibuat 5 lubang sumuran. Penelitian ini menggunakan ekstrak buah Pare sebagai subjek penelitian yang terdiri dari enam konsentrasi yaitu 20%, 40%, 60%, 80%, 100% dan akuades steril sebagai kontrol. Aggregatibacter Actinomycetemcomitans sebagai objek penelitian. Data hasil penelitian di uji menggunakan one way anova yang selanjutnya diuji dengan Post hoc LSD0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penghambatan pertumbuhan Aggregatibacter actinomycetemcomitans pada konsentrasi 20%, 40%, 60%, 80%, 100%. Konsentrasi yang singnifikan mengahambat pertumbuhan Aggregatibacter actinomycetemcomitans pada konsentrasi 60%, 80%, 100%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Buah Pare (Momordica Charantia L) mempunyai daya antibakteri terhadap Aggregatibacter Actinomycetemcomitans. Konsentrasi yang paling signifikan untuk menghambat pertumbuhan Aggregatibacter Actinomycetemcomitans adalah konsentrasi 60%, 80%, 100% .
Kata kunci: Ekstrak buah Pare (Momordica Charantia L), Aggregatibacter Actinomycetemcomitan, metode difusi sumuran

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: EKASTRAK BUAH PARE (MOMORDICA CHARANTIA L), AGGREGATIBACTER ACTINOMYCETEMCOMITAN, DIFUSI SUMURAN
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran Gigi S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 08:56
Last Modified: 24 Jun 2022 08:56
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13889

Actions (login required)

View Item
View Item