PERBANDINGAN PENGARUH PENDEDAHAN PENGHARUM RUANGAN GEL SPRAY TERHADAP MOTILITAS SPERMA DAN SPERMATOGENESIS PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS)

DELIA ANISHA ULFAH (2013) PERBANDINGAN PENGARUH PENDEDAHAN PENGHARUM RUANGAN GEL SPRAY TERHADAP MOTILITAS SPERMA DAN SPERMATOGENESIS PADA TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS). S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (206kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (66kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (475kB)

Abstract

Pengharum ruangan adalah produk rumah tangga yang melepaskan senyawa kimia seperti ftalat dan formaldehid yang dapat berdampak pada sistem reproduksi. Senyawa kimia ini sebagai radikal bebas yang menyebabkan terganggunya fungsi testis, stres oksidasi pada spermatozoa, menurunnya fungsi sel Sertoli dan sel Leydig. Pendedahan pengharum ruangan yang terlalu lama sangat berbahaya bila mengenai sistem reproduksi, sehingga penelitian untuk mengetahui pengaruh pengharum ruangan gel dan spay terhadap motilitas sperma dan spermatogenesis pada tikus putih perlu dilakukan. Desain penelitian ini adalah eksperimental dengan post-test only control group design. Subjek penelitian ini adalah 18 tikus putih (Rattus norvegicus) galur Wistar yang dibagi menjadi tiga kelompok yakni kelompok kontrol (tanpa didedahkan pengharum ruangan), kelompok gel (didedahkan pengharum ruangan gel aroma lemon di dalam kandang perlakuan), dan kelompok spray (didedahkan pengharum rungan spray beraroma lemon setiap 10 menit sekali di kandang perlakuan). Perlakuan dilakukan selama 30 hari. Hari ke-31 dilakukan pembedahan untuk pengambilan organ testis dan perhitungan motilitas sperma. Data sampel yang diambil yaitu spermatogonium, spermatosit primer, spermatid, dan motilitas sperma. Data diuji statistik dengan One-Way ANOVA dan dilanjutkan dengan analisis Post Hoc Tuckey. Hasil uji statistik dengan One-Way ANOVA menunjukkan ada perbedaan signifikan pada jumlah spermatogonium, spermatosit primer, dan spermatid pada setiap kelompok uji (p<0,05) dengan hasil jumlah kelompok gel yang paling kecil. Hasil uji One-Way ANOVA pada motilitas sperma tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna (p>0,05) akan tetapi kelompok gel tetap menunjukkan hasil yang paling kecil. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pendedahan pengharum ruangan dapat mempengaruhi spermatogenesis dan motilitas sperma pada Rattus norvegicus

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: HISTOLOGI, PENGHARUM RUANGAN CAIR, PENGHARUM RUANGAN GEL, MOTILITAS SPERMA, SPERMATOGENESIS
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Jun 2022 06:36
Last Modified: 27 Jun 2022 06:36
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/13946

Actions (login required)

View Item
View Item