EVALUASI KUALITAS PELAYANAN FARMASI RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG

SUCI FUZA LESTARI (2012) EVALUASI KUALITAS PELAYANAN FARMASI RAWAT JALAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG. S2 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Lembar Pengesahan] Text (Lembar Pengesahan)
Lembar Pengesahan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[thumbnail of Abstrak] Text (Abstrak)
Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (943kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)

Abstract

Latar belakang: Kualitas mutu pelayanan farmasi dapat dicapai apabila unit farmasi di rumah sakit mampu memenuhi harapan pasien. Permasalahan yang sering dihadapi adalah lamanya waktu tunggu pasien dalam mendapatkan pelayanan kesehatan di farmasi rumah sakit. Pelanggan yang menunggu terlalu lama akan dirugikan baik segi waktu maupun biaya. Unit farmasi RS PKU Muhammadiyah Gombong mempunyai jumlah pelanggan yang banyak, yang dapat menjadi potensi ekonomi apabila mampu memberikan pelayanan yang baik untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik. Populasi penelitian adalah pasien dan keluarga rawat jalan yang melakukan pembelian obat di farmasi RS PKU Muhammadiyah Gombong. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah stratified proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang. Pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif.

Hasil: Harapan pasien rawat jalan terhadap pelayanan farmasi rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong sebagian besar dalam kategori sangat tinggi sebesar (98%). Kinerja pelayanan farmasi rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong sebagian besar dalam kategori sangat baik sebesar (54%). Tingkat kepuasan pelayanan farmasi rawat jalan pada pasien rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong dalam kategori tidak puas.

Kesimpulan: Tingkat kepuasan pelayanan farmasi rawat jalan pada pasien rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Gombong dalam kategori tidak puas.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Service quality, satisfaction, pharmacy outpatient unit
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:44
Last Modified: 06 May 2024 01:37
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14018

Actions (login required)

View Item
View Item