PERAN GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MENERAPKAN BUDAYA PATIENT SAFETY DI RSUD. PROF. DR. SOEKANDAR, MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

DJALU NASKUTUB (2013) PERAN GAYA KEPEMIMPINAN DALAM MENERAPKAN BUDAYA PATIENT SAFETY DI RSUD. PROF. DR. SOEKANDAR, MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (118kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (78kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)

Abstract

Latar belakang tingginya angka kesalahan tehadap pengobatan (treatment) yang mengakibatkan kerugian terhadap pasien rumah saki,baik kejadian yang tidak diharapkan (KTD) ataupun kejadian nyaris celaka (KNC) sebenarnya bisa dihindari, dengan pelaksanaan atient safety yang benar sehingga RSUD Prof.Dr. Soekandar mencanangkan atient safety sejak tahun 2008. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskreptip kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah karyawan rumah sakit yang berhubungan langsung dengan pasien di RSUD. Prof Dr. Soekandar Mojosari Kabupaten Mojokerto sebanyak 105 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive random sampling untuk unit/instalasi dan convinient sampling untuk subjek orang yang dijadikan responden. Pengukur budaya patient safety mengadopsi kuesioner dari AHRQ sedangkan untuk gaya kepemimpinan kuesioner dikembangkan dan diadopsi dari indikator gaya kepemimpinan oleh Harsey Blanchard (1982). Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dan kesimpulan penelitian menunjukan hal-hal sebagai berikut : 1) Pelaksanaan patient safety di RSUD. Prof Dr. Soekandar Mojosari Kabupaten Mojokerto dalam kategori cukup dengan prosentase sebesar 58,70 2) gaya kepemimpinan yang paling banyak digunakan oleh pemimpin unit adalah gaya kepemimpinan partisipatif dengan nilai rata-rata 21,78 3) pemilihan gaya kepemimpinan tersebut juga didasarkan pada situasi para bawahan dan lingkungan di RSUD. Prof Dr. Soekandar Mojosari Kabupaten Mojokerto.

Kata kunci: Peran, Gaya Kepemimpinan, Budaya Patient Safety

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERAN, GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA PATIENT SAFETY
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:05
Last Modified: 24 Jun 2022 03:05
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14055

Actions (login required)

View Item
View Item