EVALUASI FASILITAS PARKIR MOBIL DAN SEPEDA MOTOR RUMAH SAKIT PANTI RAPIH YOGYAKARTA

INGGAR KURNIAWAN SUDIBYO (2013) EVALUASI FASILITAS PARKIR MOBIL DAN SEPEDA MOTOR RUMAH SAKIT PANTI RAPIH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.pdf

Download (130kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.pdf

Download (30kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (84kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)

Abstract

Parkir adalah meletakkan atau menyimpan kendaraan disuatu tempat tertentu yang lamanya tergantung kepada selesainya keperluan dari pengendara tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai akumulasi parkir, volume parkir, satuan ruang parkir, konfigurasi parkir, indeks parkir, headway parkir, turnover dan durasi parkir.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi. Dalam pengumpulan data yang dibutuhkan dilakukan penelitian di lapangan yang terdiri dari data primer meliputi survey pencatatan plat nomor sepeda motor dan mobil yang masauk dan keluar rumah sakit pantirapih yogyakarta, serta data sekunder berupa data yang diperoleh dari bagian administrasi parkir dalam pembuatan surat keterangan survey.
Dari hasil analisis menunjukkan bahwa Akumulasi parkir maksimal terjadi di areal parkir sepeda motor sebelah Utara Rumah Sakit Panti Rapih 469 kendaraan/15 menit. Volume parkir maksimal terjadi di areal parkir sepeda motor sebelah Utara Rumah Sakit Panti Rapih terjadi pada hari minggu sebanyak 1019 kendaraan. Konfigurasi parkir sepeda motor yang ada di areal parkir Rumah Sakit Panti Rapih menggunakan pola parkir pulau. Sedangkan untuk mobil pola parkir yang digunakan adalah pola parkir pararel dan menyudut (sudut 60°). Tingkat turnover sepeda motor maksimal sebesar 2 Kendaraan/Hari/Ruang dan mobil maksimal sebesar 4 Kendaraan/Hari/Ruang. Indeks parkir rata-rata dan maksimum sepeda motor pada hari sabtu sebesar 40,96 % dan 59,21 % serta didapat indeks parkir rata-rata dan maksimum mobil sebesar 19,21 % dan 88,79 %. Dari analisis didapat Kebutuhan Ruang Parkir (KRP) pada areal parkir Utara Rumah Sakit Panti Rapih adalah untuk sepeda motor 703,5 m² dan mobil sebesar 1184,5 m². Nilai Headway rata-rata total untuk sepeda motor pada hari Sabtu dan Minggu sebesar 1,24 menit dan 1,38 menit serta untuk mobil Headway rata-rata total pada hari Sabtu dan Minggu sebesar 1,69 menit dan 2,57menit. Nilai durasi parkir sepeda motor utara Rumah Sakit Panti Rapih pada hari sabtu waktu tertinggi terjadi pada menit ke 135 dan 165 sebanyak 42 kendaraan, Nilai durasi parkir sepeda motor utara Rumah Sakit Panti Rapih pada hari minggu dari hasil survey waktu tertinggi terjadi pada menit ke 75 sebanyak 34 kendaraan, Nilai durasi parkir mobil di parkir utara RS Panti Rapih pada hari sabtu waktu tertinggi terjadi pada menit ke 165 sebanyak 20 kendaraan, Nilai durasi parkir mobil di parkir utara RS Panti Rapih pada hari minggu waktu tertinggi terjadi pada menit ke 60 sebanyak 32 kendaraan.

Kata kunci : RS Panti Rapih Yogyakarta, Akumulasi Parkir, Volume Parkir, Satuan Ruang Parkir, Konfigurasi Parkir, Indeks Parkir, Headway Parkir, Turnover Dan Durasi Parkir.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: RS PANTI RAPIH YOGYAKARTA, AKUMULASI PARKIR, VOLUME PARKIR, SATUAN RUANG PARKIR, KONFIGURASI PARKIR,
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 03:13
Last Modified: 24 Jun 2022 03:13
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14058

Actions (login required)

View Item
View Item