KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BESIN 4 LANGKAH 100 CC BEBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM - ETHANOL DENGAN KANDUNGAN ETHANOL 15%

ADE RIZKY OKTAVIANTO (2013) KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BESIN 4 LANGKAH 100 CC BEBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM - ETHANOL DENGAN KANDUNGAN ETHANOL 15%. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (25kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (20kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (27kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Bahan bakar alternatif dapat menjadi pilihan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin menipis. Penggunaan ethanol sebagai campuran bahan bakar dapat meningkatkan angka oktan pada bahan bakar sehingga pembakaran lebih sempurna. Pada sistem pengapian CDI, timing pengapian sangatlah penting untuk mendapatkan waktu yang tepat dalam proses pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar. Proses pembakaran yang lebih baik perlu dilakukan perubahan timing pengapian dengan penggantian CDI racing serta memperpanjang trigger pada magnet yang sudah disesuaikan dengan CDI racing, maka dilakukanlah penelitian tentang variasi timing pengapian terhadap kinerja motor bensin 4 langkah 100 cc berbahan bakar campuran premium-ethanol dengan kandungan ethanol 15%.
Dalam penelitian ini diambil data torsi, daya, dan (mf) ̇ antara kondisi CDI standar, CDI racing timing standar dan CDI racing timing non-standar. Pengambilan data torsi dan daya menggunakan metode throttle spontan, tahapan dalam throttle spontan ini pertama-tama motor dihidupkan kemudian dimasukkan pada gigi rasio ke-3, kemudian throttle ditahan pada putaran 3500 rpm setelah stabil pada putaran 3500 rpm throttle mulai dinaikkan secara spontan sampai 10000 rpm. Hasil pengujian dari metode ini adalah torsi dan daya yang dikeluarkan dari dynotest, sedangkan pengambilan data (mf ) ̇menggunakan metode per-rpm dengan cara membuka throttle dari 2000 rpm kemudian dinaikkan menjadi 8000 rpm secara bertahap dengan kenaikannya putaran mesin setiap 1000 rpm.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi CDI racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan pada kondisi CDI standar. Pada kondisi CDI standar konsumsi bahan bakar (mf) ̇ lebih rendah dari pada kondisi CDI racing. Hal ini dikarenakan pada kondisi CDI standar belum dilakukan perubahan timing pengapian, sehingga konsumsi bahan bakar yang diperlukan dalam ruang bakar dengan timing pengapian yang standar maka bahan bakar yang terbakar kurang sempurna sehingga kinerja motor kurang maksimal.

Kata Kunci: CDI Racing, Timing Pengapian, Ethanol.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SKRIPSI EKSPERIMNETAL KENDARAAN BERMOTOR BAHAN BAKAR PREMIUM ETHANOL
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 02:53
Last Modified: 24 Jun 2022 02:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14064

Actions (login required)

View Item
View Item