KAJIAN TENTANG PENGGUNAAN BAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM - PERTAMAX DAN PREMIUM - ETANOL PADA MOTOR EMPAT LANGKAH 135 CC

DWI SINGGIH PRANOTO (2013) KAJIAN TENTANG PENGGUNAAN BAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM - PERTAMAX DAN PREMIUM - ETANOL PADA MOTOR EMPAT LANGKAH 135 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (66kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (36kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (719kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.docx

Download (177kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Kajian Tentang Penggunaan Bahan Bakar Campuran Premium - Pertamax Dan Premium - Etanol Pada Motor Empat Langkah 135 cc. Saat ini sumber energi yang paling banyak digunakan di dunia adalah energi fosil.Hampir 95% dari kebutuhan energi Indonesia masih disuplai oleh energi fosil.Sekitar 50% dari energi fosil tersebut adalah minyak bumi dan sisanya adalah gas dan batu bara. Energi fosil adalah energi yang tak terbarukan dan diprediksi tidak lebih dari 50 tahun lagi energi fosil di dunia akan habis. Karena itulah energi pengganti fosil sangat diperlukan untuk kebutuhan energi di masa yang akan datang salah satunya adalah penggunaan etanol sebagai campuran bahan bakar motor. Di Indonesia sendiri ada beberapa macam jenis bahan bakar motor yang digunakan contohnya : premium dan pertamax. Pertamax memiliki kualitas yang lebih bagus dibanding premium, pertamax merupakan jenis bahan bakar dengan oktan 92 lebih tinggi dibandingkan premium yang hanya memiliki oktan 88. Oktan pada bahan bakar minyak adalah angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum yang bisa diberikan di dalam mesin, sebelum bensin terbakar secara spontan.
Pengujian dilakukan menggunakan motor Jupiter MX 135cc dikarenakan masih banyak dipasaran dan penggunaannya di masyarakat. Pengujian dilakukan dengan perbandingan kompresi standar (tidak mengubah apapun), bahan bakar yang digunakan dalam pengujian ini adalah campuran bahan bakar Premium – Pertamax, dengan campuran pertamax sebesar 0%, 10%, 20%, 30%, 40%, 50%, 60%, 70%, 80%, 90%,100% serta campuran Premium – Etanol, dengan campuran etanol sebesar 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20%. Parameter kinerja yang diamati berupa torsi, daya dan konsumsi bahan bakar. Beberapa alat yang digunakan yaitu Dynamometer, Tachometer,burret, Stop watch.
Hasil analisa data pengujian menunjukkan kinerja mesin terbaik terdapat pada campuran Premium 30% - Pretamax 70%. Torsi tertinggi adalah 11,77 (N.m) pada putaran 5666 (rpm) dan daya tertinggi adalah 8,07 (kW) pada putaran 7216 (rpm). Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar terendah terdapat pada komposisi campuran Premium 10% - Pertamax 90% sebesar 0,280 (kg/jam) pada putaran 4000 (rpm).
Kata kunci :campuran premium – etanol, campuran premium – pertamax, nilaioktan

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SKRIPSI BAHAN BAKAR PREMIUM PERTAMAX KENDARAAN BERMOTOR
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:42
Last Modified: 24 Jun 2022 01:42
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14065

Actions (login required)

View Item
View Item