KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 CC BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM - ETHANOL DENGAN KANDUNGAN ETHANOL 10%

DWI YANTORO (2013) KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH VARIASI TIMING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR BENSIN 4 LANGKAH 100 CC BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM - ETHANOL DENGAN KANDUNGAN ETHANOL 10%. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (25kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (18kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.docx
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)

Abstract

Bahan bakar alternatif dapat menjadi pilihan untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil yang semakin menipis. Penggunaan ethanol sebagai campuran bahan bakar dapat meningkatkan angka oktan pada bahan bakar sehingga pembakaran lebih sempurna. Pada sistem pengapian CDI, timing pengapian sangatlah penting untuk mendapatkan waktu yang tepat dalam proses pembakaran bahan bakar di dalam ruang bakar. Proses pembakaran yang lebih baik perlu dilakukan perubahan timing pengapian dengan penggantian CDI racing serta memperpanjang trigger pada magnet yang sudah disesuaikan dengan CDI racing, maka dilakukanlah penelitian penggunaan bahan bakar campuran premium-ethanol dengan kandungan ethanol 10% pada motor bensin 4 langkah 100 cc dengan variasi timing pengapian.
Dalam penelitian ini yang diambil data torsi, daya dan (ṁf) dari kondisi CDI standar, CDI racing timing standar dan CDI racing timing non-standar. Pengambilan data torsi dan daya menggunakan metode throttle spontan, tahapan dalam throttle spontan ini pertama-tama motor dihidupkan selanjutnya dimasukkan pada gigi rasio ke-3, kemudian throttle ditahan pada ± 3500 rpm setelah stabil pada ± 3500 rpm baru throttle dinaikkan secara spontan sampai ± 10000, hasil dari pengujian ini adalah torsi dan daya yang dikeluarkan dari dynotest, sedangankan untuk pengambilan data (ṁf) menggunakan metode per-rpm dengan cara membuka throttle dari 2000 - 8000 rpm secara bertahap setiap kenaikannya 1000 rpm.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi CDI racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan pada kondisi CDI standar. Pada kondisi CDI standar konsumsi bahan bakar (ṁf) lebih rendah dari pada kondisi CDI racing. Hal ini dikarenakan pada kondisi CDI standar belum dilakukan perubahan timing pengapian, sehingga konsumsi bahan bakar yang diperlukan dalam ruang bakar dengan timing pengapian yang standar maka bahan bakar yang terbakar kurang sempurna sehingga kinerja motor kurang maksimal.

Kata Kunci: CDI Racing, Timing Pengapian, Ethanol.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SKRIPSI EKSPERIMENTAL VARIASI TIMING KENDARAAN BERMOTOR BAHAN BAKAR ETHANOL
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:43
Last Modified: 24 Jun 2022 01:43
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14066

Actions (login required)

View Item
View Item