EGAR SUMITO (2013) PENGARUH PENGGUNAAN KARBURATOR RACING TERHADAP KINERJA MOTOR BORE UP 4 LANGKAH 150 CC. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
![]() |
Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.rtf Download (21MB) |
![]() |
Text (Bab I)
Bab I.rtf Download (183kB) |
![]() |
Text (Bab II)
Bab II.rtf Restricted to Registered users only Download (15MB) |
![]() |
Text (Bab III)
Bab III.rtf Restricted to Registered users only Download (19MB) |
![]() |
Text (Bab IV)
Bab IV.rtf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
![]() |
Text (Bab V)
Bab V.rtf Restricted to Registered users only Download (69kB) |
![]() |
Text (Lampiran)
Lampiran.rtf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Pengaruh Penggunaan karburator Racing Terhadap Kinerja Motor Bore Up 4 langkah 150 cc
Pada mesin 4-langkah dan 2-langkah peran karburator sangatlah penting untuk pencampuran bahan bakar dan udara, oleh sebab itu diperlukan pengaturan yang tepat agar mendapat kinerja mesin yang maksimal dan konsumsi bahan bakar yang minimal. Untuk meningkatkan kinerja mesin salah satunya dilakukan dengan cara penggantian karburator dengan karburator racing. Dengan adanya berbagai merek karburator racing di pasaran. Maka dalam hal ini perlu dilakukan penelitian tentang karburator racing dengan lubang venturi 28 mm agar dapat mengetahui kinerja yang dihasilkan.
Dalam penelitian ini diambil data torsi, daya dan antara kondisi karburator standar, karburator racing. Pengambilan data torsi dan daya menggunakan metode throttle spontan, tahapan dalam throttle spontan ini pertama-tama motor dihidupkan kemudian dimasukkan pada gigi rasio ke-3, kemudian throttle ditahan pada 4000 rpm setelah stabil pada 4000 rpm baru throttle dinaikkan secara spontan sampai maksimal, hasil pengujian dari metode ini adalah daya dan torsi yang dikeluarkan dari dynotest. Pada metode ini grafik dari dynotest tidak dapat dikeluarkan, hanya daya dan torsi yang dapat terlihat karena grafik hanya terlihat dengan metode throttle spontan, sedangankan pengambilan data menggunakan metode per-rpm dengan cara membuka throttle dari 5000 rpm kemudian dinaikkan menjadi 9000 rpm secara bertahap setiap kenaikannya 1000 rpm.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kondisi karburator racing torsi dan daya lebih tinggi dibandingkan kondisi karburator standard. Pada kondisi karburator standard konsumsi bahan bakar ( ) lebih rendah dari pada kondisi karburator racing. Hal ini dipengaruhi karena pada karburator racing memiliki lubang ventury 28 mm seiring dengan meningkatnya putaran mesin, akan membutuhkan konsumsi bahan bakar yang lebih banyak dibanding pada karburator standar yang hanya memiliki lubang ventury 24 mm.
Kata kunci : karburator standar, karburator racing, kinerja mesin.
Dosen Pembimbing: | WAHYUDI, S.T, M.T. and Teddy Nurcahyadi, ST., M.Eng. | NIDN0523087001, NIDN506017902 |
---|---|
Item Type: | Thesis (S1) |
Uncontrolled Keywords: | SKRIPSI KARBURATOR KENDARAAN BERMOTOR |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 27 Dec 2021 08:04 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 08:04 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |