BORE UP MOTOR 4 LANGKAH 180 CC BERTRANSMISI MATIC DENGAN VARIASI CAMSHAFT

ARDI LUSI YAMRI (2013) BORE UP MOTOR 4 LANGKAH 180 CC BERTRANSMISI MATIC DENGAN VARIASI CAMSHAFT. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Bore Up Motor 4 Langkah 180 cc Bertransmisi Matic Dengan Variasi Camshaft
Modifikasi bidang otomotif akhir-akhir ini berkembang sangat pesat, terutama yang trend pada saat ini yaitu modifikasi bagian volume silinder (bore up). Dalam perubahan volume silinder sebaiknya di ikuti perubahan komponen lain diantaranya dengan penggantian camshaft. Penelitian ini bertujuan mengetahui dan membandingkan kinerja mesin motor matic empat langkah sebelum dan setelah dilakukannya bore up yang menggunakan variasi camshaft dalam pengujian daya (P), torsi (T), dan konsumsi bahan bakar.
Pada penelitian ini digunakan motor empat langkah dengan sistem transmisi otomatis (matic) 113,7 cc (standard) yang dilakukan perubahan volume silinder (bore up) menjadi 180 cc dengan menggunakan variasi camshaft berdurasi 241o dan 232o. Data yang didapat pada penelitian ini adalah daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar dengan alat yang digunakan adalah dynamometer, tachometer, burret, dan stopwatch. Pengujian daya dan torsi dilakukan dengan metode throttle spontan dari putaran mesin 3000 rpm pada motor standard dan 4000 rpm pada motor bore up hingga putaran penuh sedangkan pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan metode throttle per putaran mesin dari 5000-9000 rpm dengan range 1000 rpm.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan perubahan volume silinder (bore up) dengan menggunakan berbagai macam camshaft dapat meningkatkan performance mesin yang cukup signifikan. Pada motor matic standard daya tertinggi yang dihasilkan 6,065 kW pada 7000 rpm, dan torsi 12,400 N.m pada 3830 rpm, dengan konsumsi bahan bakar pada 5000 rpm sebanyak 0,826 kg/jam. Nilai rata-rata persentase kenaikan daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar adalah dibandingkan dengan hasil pada motor matic standard (113,7 cc). Pada motor matic bore up 180 cc yang menggunakan camshaft berdurasi 241o daya tertinggi yang dihasilkan 11,086 kW pada 5318 rpm dengan nilai persentase kenaikan 82,78%, torsi tertinggi 19,990 N.m pada 5088 rpm dengan nilai persentase kenaikan 52,70%, dan konsumsi bahan bakar pada 5000 rpm sebanyak 1,250 kg/jam dengan nilai persentase kenaikan 51,33%. Pada motor matic bore up 180 cc yang menggunakan camshaft berdurasi 232o daya tertinggi yang dihasilkan 9,470 kW pada 5464 rpm dengan nilai persentase kenaikan 56,14%, torsi tertinggi 19,800 N.m pada 4494 rpm dengan nilai persentase kenaikan 51,38%, dan konsumsi bahan bakar pada 5000 rpm sebanyak 1,187 kg/jam dengan nilai persentase kenaikan 43,70%.
Kata Kunci: motor matic, bore up, camshaft, durasi camshaft, kinerja mesn.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SKRIPSI BORE UP KENDARAAN BERMOTOR TRANSMISI MATIC CAMSHAFT
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 27 Dec 2021 07:53
Last Modified: 27 Dec 2021 07:53
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14078

Actions (login required)

View Item
View Item