PEBEDAAN KELENGKUNGAN, KEKUATAN REFRAKSI DAN SENSITIVITAS KORNEA PADA WANITA HAMIL TRIMESTER TIGA DENGAN WANITA TIDAK HAMIL

DAHYANTO (2013) PEBEDAAN KELENGKUNGAN, KEKUATAN REFRAKSI DAN SENSITIVITAS KORNEA PADA WANITA HAMIL TRIMESTER TIGA DENGAN WANITA TIDAK HAMIL. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Naskah Publikasi] Text (Naskah Publikasi)
Naskah Publikasi.pdf

Download (330kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Peningkatan fisiologis kelengkungan kornea yang terjadi selama kehamilan memberikan dampak perubahan dalam akomodasi dan refraksi dimana perkembangan edema kornea selama kehamilan dapat menyebabkan peningkatan ketebalan kornea dan penurunan sensitivitas kornea. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya perubahan sensitivitas kornea dan untuk mengetahui seberapa besar tingkat kelengkungan kornea ibu hamil pada trimester III kehamilannya. Desain penelitian ini adalah penelitian non eksperimental, dan dilakukan dengan menggunakan metode observasional observasional analytic numeric (kategorik-numericdan kategorik-kategorik) dengan rancangan penelitian cross sectional yang dianalisis dengan uji Independent sample T-test. Populasi yang ditargetkan dalam penelitian ini yaitu semua wanita hamil trimester tiga pada usia 20 hingga 40 tahun yang yang berkunjung ke Asri Medical Center Yogyakarta. Hasil uji beda menunjukkan ada perbedaan bermakna rata-rata peningkatan kelengkungan kornea mata kanan dan kiri pada wanita hamil dibandingkan wanita tidak hamil dengan nilai P = 0.029 ( P < 0.05 ) untuk mata kanan dan nilai P = 0.012 ( P < 0.05 ) diikuti penurunan kekuatan refraksi dengan nilai P = 0,018 (P < 0.05) untuk mata kanan dan nilai P = 0.006 ( P< 0.05 ) untuk mata kiri. Tidak terdapat perbedaan bermakna sensitivitas kornea mata kanan dan kiri pada wanita hamil dan wanita tidak hamil dengan p = 0,012 atau p < 0,05.

Kata kunci : Sensitivitas, Refraksi, Kelengkungan, Kornea, Wanita Hamil, Wanita Tidak Hamil, Trimester Tiga

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SENSITIVITAS KELENGKUNGAN KORNEA WANITA HAMIL WANITA TIDAK HAMIL TRIMESTER TIGA
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:34
Last Modified: 24 Jun 2022 01:34
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14103

Actions (login required)

View Item
View Item