LINA NORMAYANTI (2014) PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN CARD SORT UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB PADA SISA KELAS VII DI MTS MUHAMMADIYAH GEDONGTENGEN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Halaman Judul.rtf
Download (1MB)
Abstract.rtf
Download (22MB)
Bab I.rtf
Download (423kB)
Bab II.rtf
Restricted to Registered users only
Download (528kB)
Bab III.rtf
Restricted to Registered users only
Download (14MB)
Bab IV.rtf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Bab IV.rtf
Restricted to Registered users only
Download (151kB)
Lampiran.rtf
Restricted to Repository staff only
Download (704kB)
Lampiran.rtf
Restricted to Repository staff only
Download (183kB)
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah pembelajaran Bahasa Arab di kelas VII A MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta yang masih menggunakan metode konvensional, dimana guru belum bervariasi dalam memilih dan menggunakan media dalam pembelajaran serta guru kurang memperhatikan kebutuhan siswa. Sehingga prestasi belajar yang diraih siswa kurang maksimal. Maka dari itu Penulis merasa perlu untuk mengadakan penelitian guna memperbaiki kualitas pembelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan media pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran Bahasa Arab dan mengetahui desain media pembelajaran Card Sort pada mata pelajaran Bahasa Arab yang dapat meningkatkan prestasi belajar siswa di MTs Muhammadiyah Gedongtengen kelas VII A.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk mengetahui penerapan media pembelajaran Card Sort pada pembelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan prestasi siswa kelas VII A. Subyek pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII A yang berjumlah 22 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah Gedongtengen Yogyakarta pada tanggal 06 Mei 2013. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian tindakan kelas ini berdasarkan pengumpulan data menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari siklus pertama sebesar 64,18 kemudian pada siklus kedua meningkat menjadi 68,77. Sedangkan ketuntasan klasikalnya pada siklus pertama sebesar 68,18%, dan pada siklus kedua 100%. Dengan demikian penerapan media pembelajaran card sort dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A pada pelajaran Bahasa Arab materi madrasah.
Kata kunci: Card Sort, Prestasi Belajar, Pembelajaran Bahasa Arab, Kelas VII A.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | CARD SORT PRESTASI BELAJAR PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII A. |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 24 Jun 2022 01:25 |
Last Modified: | 24 Jun 2022 01:25 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14105 |