MUHAMMAD AGITA HUTOMO (2014) ANALISIS PENGARUH PERSEPSI PASIEN TENTANG MAERKETING MIX TERHADAP LOYALITAS PASIEN DI POLIKLINIK RSUD KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
Bab I.docx
Download (36kB)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only
Download (64kB)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only
Download (43kB)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only
Download (75kB)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only
Download (27kB)
Naskah Publikasi.docx
Download (187kB)
Abstract
Latar Belakang: RSUD Kota Yogyakarta adalah rumah sakit tipe B didapatkan informasi mengenai pasien lama yang melakukan kunjungan ulang mulai tahun 2010 sampai tahun 2012 di poliklinik cukup tinggi, namun peningkatan jumlah pasien lama dari tahun ke tahun tidak sebanding dengan perbandingan peningkatan banyaknya pasien baru dari tahun ke tahun. Rumah Sakit perlu menerapkan dengan baik program pemasaran dengan bauran pemasaran yang mencakup aspek produk, harga, tempat, promosi, orang, dan proses, sehingga persepsi pasien tentang bauran pemasaran di poliklinik RSUD Kota Yogyakarta menjadi baik kemudian akan menciptakan sebuah loyalitas.
Metode: Jenis penelitian observasional dengan metode survei yang bersifat deskriptif dan analitik dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah cross sectional. Populasi seluruh pasien lama yang pernah mendapatkan pelayanan kesehatan dan sedang mendapatkan pelayanan. Jumlah sampel 98 orang. Uji analisis menggunakan analisis univariat, regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi program SPSS.
Hasil dan Pembahasan: Diperoleh hasil persepsi yang baik tentang aspek bauran pemasaran diatas 85%, pasien yang memiliki loyalitas baik sebesar 93,9%. Persamaan regresi yang didapat adalah semua faktor bauran pemasaran berpengaruh positif terhadap loyalitas pasien dengan promosi dan produk memiliki pengaruh terbesar. Hasil uji F menunjukkan persepsi pasien tentang bauran pemasaran berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pasien di poliklinik RSUD Kota Yogyakarta sebesar 72,3%.
Kesimpulan: Persepsi pasien persepsi pasien tentang bauran pemasaran berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap loyalitas pasien di poliklinik RSUD Kota Yogyakarta dengan produk dan promosi memiliki pengaruh yang terbesar.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Loyalitas Pasien
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BAURAN PEMASARAN LOYALITAS PASIEN |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Administrasi Rumah Sakit S2 |
Depositing User: | Unnamed user with email robi@umy.ac.id |
Date Deposited: | 25 Jun 2022 01:28 |
Last Modified: | 25 Jun 2022 01:28 |
URI: | https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14117 |