UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DENGAN MEDOTE IQRA' KLASIKAL DI KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL YOGYAKRTA.

ANA FARIDA (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN DENGAN MEDOTE IQRA' KLASIKAL DI KELAS VIII MTS MUHAMMADIYAH KASIHAN BANTUL YOGYAKRTA. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.doc

Download (359kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.doc
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
Full Text.doc
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul upaya peningkatan kemampuan membaca al-Qur’an dengan metode iqra’ klasikal di kelas VIII MTs Muhammadiyah kasihan, yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs Muhammadiyah Kasihan, sebelum dan sesudah adanya metode iqra’ klasikal. Untuk mengkaji bentuk penerapan metode iqra’ klasikal yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an kelas VIII di MTs Muhammadiyah Kasihan, pada tahun ajaran 2013/2014.

Metode yang digunakan dalam skripsi ini menggunakan sistem Penelitian Tindakan Kelas atau Classroom action research yang bersifat kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya kemampuan membaca al-Qur’an siswa kelas VIII MTs Muhammadiyah Kasihan ada peningkatan. Karena mampunya siswa dalam mengetahui macam-macam huruf hijaiyah, tanda baca (harakat), mengetahui huruf yang dapat dan tidak dapat disambung, dan sudah adanya peningkatan dalam menyambung huruf. Adanya peningkatan motivasi siswa, dapat dilihat dari keaktifan dan perhatian siswa di dalam kelas. Prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran al-Islam pada pra siklus dengan rata-rata 64,1 %, siklus I menjadi 73,2 %, kemudian siklus II dengan rata-rata 81 %. Bentuk penerapan metode iqra’ klasikal dalam membaca al-Qur’an, dengan mendesain instrumen serta metode, peneliti memilih dari buku iqra’ klasikal, satu persatu siswa maju untuk membaca bahan ajar yang sudah didesain oleh guru, siswa lain mengerjakan tugas. Supaya siswa yang lain tidak rame, kelas menjadi tenang dan kondusif. Jadi di samping siswa mampu membaca, siswa juga mampu untuk menulis tulisan arab.

Kata kunci : upaya peningkatan, membaca al-Qur’an, metode iqra’ klasikal

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: UPAYA PENINGKATAN MEMBACA AL-QUR'AN METODE IQRA' KLASIKAL
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 07:54
Last Modified: 24 Jun 2022 07:54
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14119

Actions (login required)

View Item
View Item