KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH KOMPONEN DAN SETTING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR 4 -LANGKAH 160 CC BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM ETANOL DENGAN KANDUNGAN ETANOL 5%

AKHMAD FAKHRUROZI (2014) KAJIAN EKSPERIMENTAL TENTANG PENGARUH KOMPONEN DAN SETTING PENGAPIAN TERHADAP KINERJA MOTOR 4 -LANGKAH 160 CC BERBAHAN BAKAR CAMPURAN PREMIUM ETANOL DENGAN KANDUNGAN ETANOL 5%. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (26kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.doc

Download (109kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (24kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.doc
Restricted to Registered users only

Download (812kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.doc
Restricted to Registered users only

Download (12MB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (18kB)
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.docx
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Bahan bakar alternatif yang berpotensi digunakan sebagai bahan bakar adalah etanol. Penggunaan etanol tidak dapat langsung diaplikasikan pada mesin kendaraan, namun dapat dengan cara mencampur etanol dengan bahan bakar lain seperti premium. Apabila campuran bahan bakar premium dan etanol komposisinya tepat, serta pengapian yang baik, maka akan memberikan hasil pembakaran yang maksimal pada mesin kendaraan.
Metode penelitian ini menggunakan motor standar dengan variasi bahan bakar dan timing pengapian. Data yang didapat dari penelitian ini adalah daya, torsi dan konsumsi bahan bakar ). Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah dynamometer dan pengambilan data dengan metode throttle spontan adalah throttle secara spontan mulai dari 2000-10.000 rpm, metode ini digunakan untuk pengambilan data daya dan torsi. Sedangkan metode throttle per rpm yaitu dimulai dari putaran 2000 sampai 10.000 rpm, dengan kenaikan 1000 rpm pada setiap pengujian untuk pengambilan data konsumsi bahan bakar ).
Hasil dari pengujian yang telah dilakukan, didapat bahwa torsi dan daya mesin tertinggi dihasilkan dari CDI racing timing non-standar sedangkan posisi terendah dari hasil pengujian torsi dan daya dihasilkan dari CDI racing timing standar. Untuk pengujian konsumsi bahan bakar terlihat bahwa pada CDI racing konsumsi bahan bakarnya lebih boros dibandingkan dengan CDI standar.
Kata Kunci: Setting Pengapian, Variasi timing pengapian, Campuran bahan bakar etanol 5%, daya (P), torsi (T), konsumsi bahan bakar ).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: SETTING PENGAPIAN VARIASI TIMIMG PENGAPIAN CAMPURAN BAHAN BAKAR ETANOL 5% DAYA (P) TORSI (T) , KONSUMEN BAHAN BAKAR (MF).
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 24 Jun 2022 01:12
Last Modified: 24 Jun 2022 01:12
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14125

Actions (login required)

View Item
View Item