PERANCANGAN ULANG RUAS JALAN WONOSARI-SEMIN STA 0+000-4+000 DIY

APRIYADI DWI WIDODO (2014) PERANCANGAN ULANG RUAS JALAN WONOSARI-SEMIN STA 0+000-4+000 DIY. S1 thesis, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

[thumbnail of Halaman Judul] Text (Halaman Judul)
Halaman Judul.docx

Download (22kB)
[thumbnail of Abstract] Text (Abstract)
Abstract.docx

Download (16kB)
[thumbnail of Bab I] Text (Bab I)
Bab I.docx

Download (24kB)
[thumbnail of Bab II] Text (Bab II)
Bab II.docx
Restricted to Registered users only

Download (136kB)
[thumbnail of Bab III] Text (Bab III)
Bab III.docx
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[thumbnail of Bab IV] Text (Bab IV)
Bab IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[thumbnail of Bab V] Text (Bab V)
Bab V.docx
Restricted to Registered users only

Download (478kB)

Abstract

Kabupaten Gunung Kidul merupakan daerah yang memiliki banyak tempat obyek wisata. Dengan Semakin meningkatnya pertumbuhan perekonomian di daerah tersebut maka akan diikuti dengan semakin meningkatnya jumlah kendaraan yang melintasi daerah tersebut. Untuk itu diperlukan sarana dan prasarana transportasi yang baik. Dalam penelitian ini akan dilakukan perancangan ulang ruas jalan yang menghubungkan antara Wonosari dan Semin pada STA 0+000 s/d STA 4+000 yang terletak di Kabupaten Gunung Kidul. Tujuan perancangan ulang ini adalah merancang ulang bentuk geometrik dari jalan dengan kelas fungsi kolektor, merancang tebal perkerasan pada jalan tersebut, merancang anggaran biaya dan Time Schedule yang dibutuhkan dalam perancangan jalan dan Membandingkan hasil perancangan yang terdahulu dengan hasil perancangan yang dilakukan dalam penelitian ini.
Data penelitian yang digunakan hanya mencakup data sekunder. Data yang diperoleh antara lain data lalu lintas harian rata-rata, data pengujian tanah, data hidrologi, data topografi dan data perkerasan jalan. Data-data tersebut diperoleh dari Bina Marga Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Dalam analisis dasar perhitungan yang digunakan perancangan ulang geometrik jalan menggunakan metode dari Bina Marga yaitu Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar kota (1997), perancangan ulang tebal perkerasan dengan menggunakan metode Analisa Komponen SKBI Tahun 1987 yang diterbitkan Bina marga Departemen Pekerjaan Umum dan Menghitung Rencana Anggran Biaya dan Time Schedule berdasarkan Analisis Harga Satuan Tahun 2013 kabupaten Gunung Kidul.
Berdasarkan analisis perhitungan Jalan Wonosari-Semin STA 0+000 - 4+000 hasil perancangan alinemen horizontal dengan kecepatan rencana 50 km/jam di peroleh 14 PI lengkung full circle dan 3 PI lengkung spiral-circle-spiral. Pelebaran perkerasan pada tiap tikungan berkisar antara 0,781 m s.d 2,191 m dan diperlukan rambu dilarang menyiap pada lengkung spiral-circle-spiral. Untuk alinemen vertilal dengan nilai kelandaian maksimum 10 % didapatkan 23 PPV lengkung cemkung dan 21 PPV lengkung cembung. Untuk konstruksi perkerasan selama umur rencana 5 tahun digunakan LASTON MS 774 untuk surface course dengan tebal lapis perkerasannya adalah 10,5 cm, untuk base course digunakan batu pecah agregat kelas A dengan ketebalan 20 cm dan untuk lapisan sub-base course digunakan batu pecah agregat kelas B dengan ketebalan 10 cm. dalam perancangan ulang Jalan Wonosari-Semin STA 0+000 – 4+000 diperoleh anggaran biaya sebesar Rp.10.127.0.488,47 dan dikerjakan selama 103 hari.

Kata kunci : Perancangan ulang, Lengkung ,Merancang, Data, dan Analisis

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: PERANCANGAN ULANG, LENGKUNG ,MERANCANG, DATA, DAN ANALISIS-
Depositing User: Unnamed user with email robi@umy.ac.id
Date Deposited: 23 Jun 2022 07:46
Last Modified: 23 Jun 2022 07:46
URI: https://etd.umy.ac.id/id/eprint/14131

Actions (login required)

View Item
View Item